Harga Kedelai Naik, Puan Maharani Kunjungi Kampung Tempe Surabaya

Yovie Wicaksono - 3 March 2022

SR, Surabaya – Ketua DPR RI, Puan Maharani menutup rangkaian kunjungan kerja di Kota Pahlawan dengan mengunjungi Kampung Tempe di Sukomanunggal Gang I, Kelurahan Sukomanunggal, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Rabu (2/3/2022).

Dalam kunjungan itu, Puan berdialog dan menerima keluhan dari salah satu pengrajin tempe dan tahu tentang kenaikan harga kedelai yang semula dari harga Rp 8.000 menjadi Rp 11.500 per kilogram.

Untuk menyiasati kenaikan harga kedelai itu pun, para pengrajin tahu dan tempe mengaku memperkecil ukuran dan tidak menaikkan harga jual yang dikhawatirkan berdampak terhadap pembelian masyarakat.

“Warga di sini luar biasa, di tengah mahalnya kedelai, tetapi tidak ada kenaikan harga tempe. Karena pengrajin kedelai menyiasatinya dengan memperkecil ukuran tahu/pun tempe sehingga tidak menaikan harga jualnya sedikitpun,” kata cucu Bung Karno ini.

Menanggapi itu, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah mahalnya harga kedelai sebelum puasa Ramadan.

“Saya sebagai anggota DPR memiliki kewenangan untuk pengawasan, oleh karena itu maka saya akan meminta Pemda dan pusat melakukan koordinasi untuk menelusuri penyebab masalah yang ada untuk segera dicarikan solusinya,” tuturnya.

Bak gayung bersambut, Ketua Paguyuban Perajin Tempe Sukomanunggal, Markuat mengaku merasa memiliki harapan baru untuk usahanya seusai berdialog dengan Puan Maharani. 

“Respon ibu atas berbagai hal yang kami sampaikan sangat positif, bahkan Ibu juga menyetujui permintaan kami untuk mendapatkan alat masak tambahan berbahan stainless untuk menghemat bahan bakar produksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RT 3 RW 2, Kelurahan Sukomanunggal, Miskan selaku perwakilan warga menyampaikan terima kasih atas kepedulian Puan Maharani, selaku Ketua DPR RI. 

“Saya mewakili masyarakat di sini menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kepedulian ibu, semoga permasalahan ini dapat segera mendapat solusi, dan ibu senantiasa mendapat kesehatan agar dapat memimpin negeri ini,” pungkasnya.

Sekadar informasi, turut mendampingi kunjungan Puan kali ini diantaranya adalah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno, Indah Kurnia, Whisnu Sakti Buana dan beberapa kader PDI Perjuangan Kota Surabaya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.