Uniknya Pawai Ogoh-Ogoh Surabaya

Yovie Wicaksono - 10 March 2024

SR, Surabaya – Ada yang berbeda dari prosesi menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Surabaya. Perayaan yang biasanya diawali dengan pawai Ogoh-ogoh tersebut, kini diramaikan dengan penampilan barongsai yang menambah semarak acara.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surabaya, Ketut Gotra Astika menyebut, sekira 6 ogoh-ogoh dan 8 barongsai diarak ribuan peserta dari Jalan Walikota Mustajab menuju Jalan Jaksa Agung Suprapto.

“Pawai seni ogoh-ogoh ini menggambarkan buthakala yang berarti ruang dan waktu, mempresentasikan kekuatan alam yang tak terbatas ruang dan waktu,” ujarnya, Minggu (10/3/2024).

Meski rute yang dilalui lumayan panjang, namun semangat tak pernah luntur. Pun dari masyarakat yang datang. Terbukti hingga penutupan acara, balai kota masih dipadati pengunjung.

Salah satu warga Sidoarjo, Dewi Mardiya mengaku antusias menyaksikan pawai. Menurutnya yang paling seru ketika dua ogoh-ogoh saling diadu.

“Diajak teman kesini katanya ada acara. Ternyata seru juga pawai nya, jadi gak sabar sama event di Surabaya,” ucap Dewi saat ditemui Super Radio.

Sekadar informasi, gelaran pawai ogoh-ogoh merupakan inisiasi Pemkot Surabaya sekaligus bentuk indahnya toleransi antar umat beragama. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.