Genjot UMKM, Bupati Kediri Pakai Sepatu Produk Lokal saat Dilantik

Yovie Wicaksono - 27 February 2021
Hanindhito Himawan Pramono memakai sepatu berwarna putih yang merupakan produk lokal saat pelantikan sebagai Bupati Kediri, Jumat (26/2/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Kediri – Bupati dan Wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa, menjadi salah satu dari 17 kepala daerah yang dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Ada yang berbeda dari penampilan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat pelantikan tersebut. Bupati berusia 28 tahun yang akrab disapa Mas Dhito ini mengatakan sepatu berwarna putih yang dikenakan merupakan buatan asli UMKM Kabupaten Kediri.

“Yang bikin sepatu saya ini anak muda dari Kabupaten Kediri. Ini produk UMKM lokal yang saat ini sedang kita genjot, karena produk UMKM merupakan sendi perekonomian paling mendasar yang bisa membangkitkan ekonomi saat pandemi,” ujarnya.

Ia pun berkomitmen untuk memakai produk UMKM dan akan menginstruksikan seluruh kepala dinas agar mempergunakan produk UMKM.

“Mulai besok di hari Senin, saya akan menginstruksikan untuk semua kepala dinas, menggunakan produk-produk UMKM. Mulai dari cemilan, sepatu, apa pun yang berkaitan dengan UMKM saya minta untuk semua dinas menggunakan hal tersebut,” ujarnya.

Dhito beranggapan, salah satu cara untuk membangkitkan UMKM harus dimulai dari kepedulian pemerintahanya terlebih dahulu terhadap produk lokal masyarakatnya.

Usai dilantik, Dhito langsung menggeber program kerja yang diusung, salah satunya adalah Halo Masbup, yakni jaringan aplikasi yang berisi tentang pengaduan berintegrasi dengan masing-masing sektor yang saat ini sedang digarapnya.

“Saya integrasikan dengan masing-masing sektor, mulai Satgas Covid, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan  sebagainya. Itu terintegrasikan semua di aplikasi Halo Masbup. Nanti segera kita launching,” terangnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.