DPP PDI Perjuangan Tak Keberatan Gerindra Gabung Koalisi

Yovie Wicaksono - 14 October 2019
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah. Foto : (Humas MPR)

SR, Jakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, partainya tak keberatan jika Gerindra bergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, juga masuk dalam kabinet kerja.

Basarah menegaskan, Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk memilih menteri. PDI Perjuangan mempersilakan apapun keputusan Jokowi untuk menyusun kabinet yang akan dipimpinnya.

“Termasuk di antaranya melibatkan partai di luar Koalisi Indonesia Kerja. Itu adalah wewenang prerogatif presiden,” kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Basarah menambahkan, PDI Perjuangan juga menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai komposisi kabinet kepada keputusan politik Presiden Jokowi.

Dia pun meyakini Presiden Jokowi telah memiliki pertimbangan dalam menyusun kabinetnya. Termasuk, misalnya mempertimbangkan kekuatan politik Partai Gerindra dalam memperkuat posisi pemerintah.

“Ya saya kira dalam konteks semacam itu ketika Pak Jokowi mempertimbangkan kekuatan Gerindra akan memperkuat kekuatan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin terutama menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja di masyarakat kita,” ujarnya.

“Saya kira kita memberikan apresiasi terhadap keputusan politik itu. Tapi sekali lagi kami tidak dalam posisi mendorong atau menolak karena hal tersebut sepenuhnya wewenang hak prerogatif Presiden Jokowi,” imbuh Wakil Ketua MPR itu. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.