Ajak Lansia Lebih Produktif, BK3S Resmikan Program Senam, Tanam, dan Ternak Lele

Yovie Wicaksono - 19 June 2021
Ketua Umum BK3S Jatim, Pinky Saptandari saat membuka program Senam, Tanam, dan Ternak Lele untuk lansia sejahtera pada Sabtu, (19/6/2021). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Berkolaborasi bersama Anlene dan Komunitas Lansia Sejahtera, Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jawa Timur resmikan program Senam, Tanam, dan Ternak Lele untuk lansia sejahtera pada Sabtu, (19/6/2021).

Bertempat di gedung BK3S, acara yang juga dilakukan sebagai peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ini, bertujuan agar lansia tetap sehat secara jasmani dan rohani melalui kegiatan yang telah dirancang bersama.

“Alhamdulillah bersyukur, apa yang kita programkan dari 2001 untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bisa kita laksanakan sesuai dengan harapan, dan kita bisa melaksanakan ini karena ada dukungan dari Anlene, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, dan Kecamatan. Saya kira ini memang harus berkolaborasi, dengan cara bergandengan ini semua pihak bisa melaksanakan programnya masing-masing dengan sinergi,” ujar Ketua Umum BK3S Jatim, Pinky Saptandari.

Ia mengatakan, dengan jumlah lansia yang semakin meningkat, BK3S menilai perlu adanya upaya yang dapat memberikan ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan produktif. Sehingga kedepannya juga akan dibentuk kelompok tani dengan pendampingan dari kecamatan, serta dinas terkait.

“Kalau lansia yang aktif ada kurang lebih 30 orang, seminggu sekali tiap Kamis mereka senam disini, bisa sambil nengok, sambil nyirami, sambil merawat, waktu panen ya ikut panen. Ini adalah awalan dan tentu semua ada prosesnya, tapi setidaknya dengan jumlah lansia yang semakin meningkat BK3S merasa memang harus adu satu upaya yang bisa memberikan ruang-ruang untuk berekspresi, berkreasi, produktif, yang mungkin di rumah tidak mereka dapatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Marketing Manager Anlene Fonterra Brands, Rhesya Agustine mengatakan bahwa ini merupakan keberlanjutan komitmen mereka untuk mengedukasi kalangan lanjut usia pentingnya nutrisi dan aktivitas untuk lanjut usia. Dijelaskan bahwa, rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan “Ayo Indonesia Bergerak” yang diluncurkan sejak 2018.

Hal ini diharapkan bisa membuat lansia di Surabaya lebih aktif dan bisa bersosialisasi dengan lansia lain, tentu dimasa pandemi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami percaya bahwa untuk mewujudkan lansia yang sehat, aktif dan bahagia tidak bisa dijalankan sendirian, kolaborasi dan sinergi pemerintah, organisasi profesi, organisasi masyarakat dan pihak swasta seperti Anlene menjadi sesuatu yang penting, semoga kegiatan ini bisa menjadi aktivitas yang membahagiakan lansia, dari Surabaya untuk Indonesia,” harapnya.

Selaras dengan hal tersebut, Komunitas Lansia Sejahtera Surabaya (LSS) yang berkontribusi dalam kegiatan senam tanam, juga berharap dengan adanya acara ini, lansia dapat memanfaatkan waktu secara produktif, dan semakin bahagia.

“Dengan senam tanam diharapkan kaum lansia bisa memanfaatkan waktu secara produktif dan terarah sehingga dengan pemanfaatan waktu yang baik akan memunculkan rasa bahagia diantara mereka,” ujar Ketua dan Pendiri Komunitas Lansia Sejahtera Surabaya, Dr. Siti Pariani. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.