Yordan M-Batara Goa Ajak Gen-Z Giat Perangi Intoleransi dan Kesenjangan Sosial

Yovie Wicaksono - 18 August 2022

SR, Surabaya – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur Yordan M-Batara Goa mengajak Generasi Z (Gen-Z) semakin giat perangi intoleransi dan kesenjangan sosial.

Ia memaparkan, sebagai calon penerus bangsa, Gen-Z punya tantangan yang lebih besar untuk tetap mencintai Pancasila. Terlebih saat ini banyak informasi yang harus dipertanyakan kebenarannya. 

“Untuk melawan musuh Pancasila, Gen-Z harus memiliki cita-cita sosial yaitu mewujudkan Indonesia yang semua warganya sejahtera,” ucapnya.

Oleh karena itu, penting untuk membangun rasa cinta tanah air pada generasi muda. Tingkatkan toleransi lewat berteman dengan orang yang berbeda agama, ras, dan suku, untuk mengetahui indahnya perbedaan yang terbungkus apik dalam bhinneka tunggal ika.

“Carilah tahu berbagai kesulitan dan diskriminasi yang masih ada di berbagai tempat di Indonesia. Kemiskinan, putus sekolah hingga pengangguran yang ada di pelosok Indonesia. Cintailah Indonesia. Jika ada satu bagian yang menderita, maka kita juga harus merasa sakit sebagai sesama bangsa Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, Yordan juga mengajak para Gen-Z untuk berbuat aksi konkret untuk Indonesia. Diantaranya, lewat menggalang donasi, aksi sosial, seruan di media sosial atau perbuatan empati lainnya untuk melawan intoleransi dan radikalisme. 

“Kita punya pendahulu yang sudah berbuat nyata. Ada Ir. Sukarno, J. Latuharhary, AA Maramies. Ada juga Liem Koen Hian, Tan Eng Hoa, Yap Tjwan Bing, John Lie hingga Yap Thiam Hien. Mereka sudah berbuat di jamannya. Sekarang giliran kalian semua,” tegasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.