Usia Lebih Satu Abad, Mbah Jasikin Tetap “Cuci” Keris

Yovie Wicaksono - 21 August 2020
Usia Lebih Satu Abad, Mbah Jasikin Tetap "Cuci" Keris. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Tangan Mbah Jasikin, pria berusia lebih dari 100 tahun, terlihat gemetar saat memegang keris yang sedang dicucinya. Secara bergiliran, pusaka yang diletakkan di dalam tempat khusus tersebut dibersihkan menggunakan kombinasi bahan herbal seperti jeruk pecel, mengkudu, daun nanas, marang, kembang sekar telon, serta katul.

Warga Dusun Petok, Desa Poh Roboh, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, mengenalnya sebagai tokoh spiritual yang memiliki keahlian mencuci pusaka yang berbahan logam.

Pada momentum bulan suro seperti sekarang, jasa Mbah Jasikin sangat dibutuhkan oleh para kolektor pusaka.

“Sekarang ini di dalam rumah ada sekitar 260 benda bertuah, tersimpan di dalam rumah saya,” ujarnya.

Selama melayani pencucian keris, ia tidak pernah mematok harga. Semuanya didasari rasa ikhlas karena ingin menolong sesama. Jika pun ada orang yang membalas jasanya dengan  memberinya uang, ia tidak keberatan untuk menerima pemberian tersebut. Jika pun tidak diberi, ia pun ikhlas.

“Diberi satu pak rokok pun, saya terima. Selama ini saya tidak pernah mematok harga kepada pelanggan. Siapa pun yang datang ke sini selalu saya persilahkan. Meskipun diberi upah rokok sekalipun, tetap saya terima. Saya legowo pengen nolong,” ujarnya.

Karena ketulusan itu, pelanggannya terus bertambah banyak dan ia semakin dipercaya. Pelanggan jasa Mbah Jasikin tidak hanya berasal dari Kediri, melainkan juga daerah lain seperti Kertosono, Nganjuk, serta seputaran se Karesidenan Kediri. Para pemilik pusaka tersebut rela datang dari jauh ke rumah Mbah Jasikin hanya untuk mencucikan pusakanya.

Sebelum mencuci pusaka, Mbah Jasikin puasa terlebih dahulu selama satu hari. Kemudian berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan perlindungan selama proses pencucian pusaka. “Namanya ritual tolak taman, jadi harus puasa dulu,” ujarnya.

Beragam jenis keris yang dicuci Mbah Jasikin diantaranya Keris Pulang Geni, Keris Jangkung, Keris Roso Joyo Mojopahit, Keris Derajat Pangkat dan lainnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.