TNI Kerahkan Pesawat Hercules Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena

Yovie Wicaksono - 9 October 2019
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat di halaman Kodim 1702/Jayawijaya, Wamena,  Papua, Selasa (8/10/2019). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR,  Wamena – Tentara Nasional Indonesia (TNI)akan terus mengerahkan beberapa pesawat Hercules dan Helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pengungsi yang akan kembali ke wilayahnya masing-masing, khususnya di Wamena.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di sela-sela mendamping Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto saat mengunjungi pengungsi di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Kab. Jayapura, Papua, Rabu (9/10/2019).

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat ini kondisi keamanan di Wamena sudah mulai berangsur kondusif dan para pengungsi yang masih berada di Lanud Silas Papare berharap dapat kembali ke rumah tempat tinggalnya di Wamena.  Untuk itu, TNI akan memfasilitasi para pengungsi yang akan kembali ke Wamena.

“Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan Helikopter milik TNI,” katanya.

Ia menuturkan, di Jayapura sendiri TNI akan menyiapkan tiga Hercules yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena.

“Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan Helikopter, dimana nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena,” katanya.

Hadi Tjahjanto menegaskan, TNI dan Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena termasuk juga yang berada di Oksibil serta ilaga dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

“Kami akan terus menjamin keamanan di wilayah Wamena termasuk di Oksibil dan Ilaga dengan menambah pos pengamanan sesuai permintaan dari tokoh masyarakat,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.