Tim Patroli Jatim Lakukan Penyisiran Kali Surabaya

Yovie Wicaksono - 19 December 2021
Tim Patroli Jawa Timur saat melakukan penyisiran dan pengawasan sepanjang Kali Surabaya, Minggu (19/12/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Di penghujung 2021, Tim Patroli Jawa Timur kembali melakukan giat rutin penyisiran dalam pengawasan sepanjang Kali Surabaya, Minggu (19/12/2021). Berbeda dengan biasanya menggunakan perahu karet, kali ini tim menyusuri sungai menggunakan perahu nelayan.

Susur sungai dimulai dari Driyorejo Gresik hingga Surabaya. Dengan perahu getek, masih banyak dijumpai pemandangan yang sangat memprihatinkan. Dimana banyak bangunan baru liar yang berada di bantaran Kali Surabaya, serta sampah maupun batang pohon yang berada di perairan Kali Surabaya.

Dalam giat ini Wakil Komandan Garda Lingkungan Jawa Timur, Ahmad Guntur menyayangkan belum maksimalnya perhatian dari pihak terkait untuk memberikan semacam teguran kepada pelaku pelanggaran tersebut.

“Saya dari dulu berharap pihak terkait bisa membuat kebijakan kepada warga yang melakukan pelanggaran di bantaran Kali Surabaya. Namun sampai sekarang masih belum maksimal,” jelas Guntur.

Dari pengamatannya, kondisi seperti ini sudah cukup lama. Apalagi sekarang musim hujan. “Jadi kami sangat mengharapkan pihak terkait agar memperhatikannya,” tambah Guntur.

Koordinator Tim Patroli Air, Imam Rochani menegaskan, hampir tiap bulan pihaknya melakukan kegiatan susur sungai Kali Surabaya dalam hal ini patroli air. Dari segi pembuangan limbah perusahaan sudah ada perubahan dan cukup bagus.

“Itu bisa dilihat sudah jarang sekali ditemukan ikan mabuk juga saat patroli. Tim jarang menemukan pembuangan limbah ke Kali Surabaya dan justru sekarang banyak terdapat bangunan baru di bantaran Kali Surabaya,” katanya.

“Kami dari Konsorsium Lingkungan Hidup maupun Garda Lingkungan Jawa Timur berharap agar kedepan di 2022 bisa lebih baik,” sambung Imam yang juga Direktur Konsorsium Lingkungan Hidup. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.