Temukan 15 Hewan Ternak Mati, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi 

Yovie Wicaksono - 27 June 2022

SR, Kediri – Merespon keluh kesah warga Desa Gambyok, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri terkait dugaan penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mengakibatkan belasan hewan ternak mati, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian turun langsung meninjau ke lokasi.

Dodi Purwanto mengatakan, berdasarkan keterangan warga  setempat menyebutkan ada sekira 15 hewan ternak mereka yang mati.

“Kegiatan peninjauan sengaja dilakukan karena tingginya penyebaran penyakit mulut dan kuku pada sapi. Saat ini penyebarannya terus meningkat sehingga dengan adanya sosialisasi yang sudah dilakukan, diharapkan para peternak dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak miliknya,” ujar pria yang akrab disapa Dodi Banteng itu, Minggu (26/6/2022).

Ia mengatakan, pencegahan virus PMK bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang serta pemenuhan gizi terhadap hewan ternak.

Selain memberikan langkah pencegahan penyakit, dalam kegiatan tersebut para peternak juga diminta tidak membeli sapi dari luar daerah Kediri. 

“Para pedagang daging dan pemilik penjagalan juga diwajibkan untuk menggunakan sapi lokal Kediri,” katanya.

Pihak pemerintah Kabupaten Kediri sendiri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah membentuk sejumlah tim pengawasan kesehatan sapi di setiap kecamatan. 

“Dokter hewan baik ASN maupun non ASN dan petugas DKPP juga telah disiapkan untuk melakukan pemeriksaan hewan secara berkala,” katanya.

Sekadar informasi, selain ditemukan 15 hewan ternak mati, petugas DKPP juga telah mengidentifikasi sebanyak 375 ekor hewan ternak yang diduga suspect virus PMK. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.