Tari Papua Meriahkan Resepsi Diplomatik HUT ke-74 RI di Ankara

Yovie Wicaksono - 24 September 2019
Tari Mambo Simbo dari Papua Barat di Turki dalam satu rangkaian dengan Tari Bali, Jawa dan Kalimantan dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-74 RI di Hotel JW Marriot Ankara, Sabtu (21/9/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Ankara – KBRI Ankara tampilkan Tari Mambo Simbo dari Papua Barat di Turki dalam satu rangkaian dengan Tari Bali, Jawa dan Kalimantan.

Rangkain tarian yang diberi nama Swara Bhineka tersebut adalah  koreografi ulang koreografer Agung Gunawan yang ditampilkan dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-74 RI di Hotel JW Marriot Ankara, Sabtu (21/9/2019).

“Pesan yang ingin disampaikan melalui tarian ini adalah bahwa Papua adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kekayaan dan keragaman budaya Nusantara,” ujar Duta Besar RI Ankara Lalu Muhamad Iqbal, Selasa (24/9/2019).

Tarian tersebut ditampilkan oleh 16 penari Turki yang tergabung dalam Sanggar Tari Indonesia “Armonina”, yang baru sebulan terbentuk. Ke 16 penari tersebut masing-masing menari dalam 4 kostum daerah yang berbeda.

Selain menampilkan rangkaian tarian daerah, pada kesemepatan tersebut juga ditampilkan tari koreografi baru, Samansema, dalam rangka peluncuran dimulainya peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki serta pentas gamelan Jawa oleh pelajar Indonesia di Ankara.

“Keragaman Indonesia adalah harta dunia yang harus kita jaga bersama,” ucap Ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop usai menyaksikan rangkaian koreogragi ulang tarian daerah Nusantara tersebut.

Hubungan diplomatik Indonesia-Turki dimulai sejak tahun 1950. Selama kurun waktu hampir 70 tahun tersebut, Turki secara konsisten mengakui dan menghormati integritas wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Sekedar informasi, penampilan tersebut juga disaksikan oleh sekurangnya 500 orang dari kalangan diplomatik, kalangan bisnis dan pejabat pemerintah Turki. Penampilan tersebut juga diliput oleh media televisi dan cetak utama di Turki. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.