Surabaya Vaganza Hasilkan Puluhan Ton Sampah

Yovie Wicaksono - 29 May 2022
Petugas kebersihan berseragam oranye saat membersihkan sampah di kawasan Alun-alun Kota Surabaya pasca gelaran Surabaya Vaganza, Sabtu (28/5/2022). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Surabaya Vaganza yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, Sabtu (28/5/2022), menghasilkan sampah hampir 40 ton.

Jumlah sampah pada acara Parade Bunga dan Pawai Budaya ini dengan rincian 12 unit dump truk mengangkut masing-masing 2,5 ton sampah dan satu unit mobil compactor sebanyak 7 ton sampah.

“Jadi sampah semalam itu tidak hanya di Jalan Tunjungan saja tapi juga di Praban, Genteng Kali, Pemuda, Yos Sudarso, Embong Malang, Genteng Kali, Jalan Kenari, lanjut di Alun-alun, Taman Apsari. Jadi kita keliling, apalagi Minggu kan ada Car Free Day (CFD) di Tunjungan dan Darmo jadi harus bersih,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, Minggu (29/5/2022).

Hebi mengatakan, sampah yang mendominasi adalah bungkus makanan masyarakat yang menonton acara tersebut.

“Kalau tahun sebelumnya itu yang paling banyak dari sampah hasil bongkaran bunga. Kalau ini bukan, tapi sampah bekas bungkus makanan,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya telah mengantisipasi sampah yang berserakan pasca acara dengan cara menyediakan tempat sampah di beberapa titik acara, namun jumlah pengunjung yang membludak tak dapat mengatasi hal tersebut.

Sebanyak 300 petugas kebersihan berseragam oranye pun dikerahkan dalam acara Surabaya Vaganza ini. Mereka bergerak mulai dari saat persiapan acara hingga selesainya acara, sekira pukul 23.00 WIB.

Berbekal sapu lidi dan kantong sampah, mereka langsung bergegas membersihkan sisa-sisa sampah yang dihasilkan pengunjung.

“Tak hanya itu, setelah dibersihkan, kita semprot jalannya menggunakan dua mobil semprot, karena ternyata banyak minyak juga,” pungkasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.