Sektor Properti Jadi Salah Satu Pilar Penting Kebangkitan Ekonomi

Yovie Wicaksono - 15 April 2022
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dalam acara Propnex Annual Convention 2022 di Surabaya, Kamis (15/4/2022).

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan, saat ini pihaknya sedang giat – giatnya menggaungkan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

“Kami optimistis dengan kolaborasi sehat Pemerintah Kota Surabaya dan Swasta akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kota Surabaya pasca pandemi Covid – 19 melandai,” katanya dalam acara Propnex Annual Convention 2022 di Surabaya, Kamis (15/4/2022).

Dirinya juga mengungkapkan, sektor properti menjadi salah satu pilar penting dalam kebangkitan ekonomi di Kota Surabaya. Sebagai kota metropolitan, akses terhadap hunian yang representatif menjadi bagian tak terpisahkan terhadap perputaran ekonomi surabaya.

“Kalau ekonomi kita jalan bagus, maka program – program kerakyatan bisa terwujud dengan optimal,” imbuhnya.

Salah satu perusahaan broker properti, Propnex Indonesia mencatatkan, sepanjang tahun 2021 lalu, perusahaan ini berhasil membukukan transaksi sebesar Rp 2 triliun atau melonjak 300 persen dibanding pencapaian tahun sebelumnya.

CEO Propnex Indonesia, Luckyanto mengatakan, di awal tahun hingga selama semester I tahun 2021 kondisi pasar properti masih melandai karena melonjaknya kasus Covid-19 varian Delta.

“Di kuartal I/2021 pasar masih stabil, namun pada kuartal II pasar properti turun hingga 70 persen akibat melonjaknya kasus Covid-19 varian Delta dan diterapkan PPKM level. Namun kami bersyukur pada Agustus 2021 pasar mulai membaik,” kata Lucky.

Menurutnya, banyak faktor yang mendorong bangkitnya permintaan properti di semester II tahun 2021. Selain karena harga produk properti stagnan bahkan banting harga, juga stimulus yang diberikan pemerintah, seperti diskon pajak pertambahan nilai (PPN), serta wacana digelarnya kembali tax amnesty saat itu. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.