Sebanyak 1.500 Masker Buatan Napi Lapas Porong Dibagikan untuk Masyarakat

Yovie Wicaksono - 22 April 2020
Pembagian masker buatan napi Lapas Porong bagi pengendara yang melintas di Jalan Raya Porong, Sidoarjo. Foto : (Humas Kemenkumham Jatim)

SR, Sidoarjo – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP/Narapidana) Lapas Kelas I Surabaya turut berperan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dengan memproduksi 1.500 masker standar medis.

Masker hasil produksi WBP Lapas yang terletak di Porong itu kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat di Jalan Arteri Baru, Porong.

Dipimpin Kalapas Tonny Nainggolan, pihak lapas dan beberapa WBP membagikan masker kepada setiap pengguna jalan yang melintas. Para srikandi dari Rutan Perempuan Surabaya yang dipimpin Ike Rachmawati juga tak mau ketinggalan. 

“Ini wujud nyata bahwa WBP telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ujar Tonny, Rabu (22/4/2020).

Tonny menegaskan, kualitas masker yang diproduksi oleh warga binaan Lapas Kelas I Surabaya itu tak kalah dengan buatan pabrik. Sebanyak 15 WBP terampil bahu membahu memproduksi masker di salah satu ruangan klinik. Dalam sehari, mereka bisa memproduksi hingga 300 masker. 

“Sebanyak 2.527 WBP kami telah bermasker, jadi ini saatnya berkontribusi bagi masyarakat yang lebih luas,” lanjut Tonny.

Tidak itu saja, Tonny juga membuka peluang agar pihaknya bisa memproduksi alat pelindung diri (APD). Mengingat, secara SDM pihaknya sudah sangat siap. Karena selama ini di Lapas Porong memiliki pembinaan kerja di bidang jahit menjahit. 

Rencananya, dokter lapas akan mendesain APD-nya, lalu warga binaan yang akan eksekusi penjahitannya. 

“Kami sudah siap SDM banyak, dan membuka peluang untuk kolaborasi dengan siapapun yang mau bertindak,” harap Tonny. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.