Sambut Kedatangan Santri, Ponpes Lirboyo Terapkan Protokol Kesehatan 

Yovie Wicaksono - 20 June 2020
Ribuan santri kembali ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri menerapkan  protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dalam menyambut kedatangan para santri, Sabtu (20/6/2020). 

Pelaksanaan penyambutan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Teknis protokol kesehatan mulai dilakukan didepan pintu gerbang Aula Muktamar Lirboyo. Dimana sebelum masuk, kendaraan keluarga atau pengantar para santri terlebih dulu disemprot cairan disinfektan.

Ketua Pesantren Tangguh, KH Oing Abdul Muid Shohib mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu. Para santri yang datang saat ini dikhususkan untuk wilayah Kediri, Trenggalek, Blitar, Jombang dan Nganjuk.

Santri yang datang sementara ini  diperkirakan berjumlah 2500 orang, dari total 28 ribu santri. 

Pria yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Kota Kediri ini menjelaskan,  jika sebelum datang ke Pondok Pesantren, mereka lebih dulu disarankan untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Sebelumnya, dua minggu yang lalu, kita instruksikan para santri yang hari ini jadwalnya kembali, saya sarankan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Kemudian mereka hari ini kembali  berangkat ke pondok dikoordinir oleh para alumni,” ujar pria yang akrab disapa Gus Muid ini.

Sementara itu, selain penyemprotan disinfektan dan  pemeriksaan suhu badan menggunakan thermo gun. Juga dilakukan pendataan untuk kuesioner perihal kegiatannya apa saja yang dilakukan para santri di rumah. 

Setelah pendataan selesai, mereka kemudian ditempatkan pada ruang isolasi atau rusunawa guna menjalani observasi selama 14 hari disana. Jika selama 14 hari dinyatakan tidak memiliki gangguan kesehatan, mereka kemudian diizinkan untuk kembali ke asrama pondok.

“Selama 14 hari ini kita observasi kesehatannya, kalau tidak ada masalah kesehatannya. Kita masukan ke asrama Pondok Pesantren. Seluruh kegiatan ini kita dibantu sepenuhnya oleh Kepolisian juga dari TNI,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana menjelaskan, jika pihaknya bersama anggota TNI AD Kodim 0809 Kediri datang ke Ponpes Lirboyo untuk melakukan pengamanan terkait kedatangan para santri. Selain pengamanan, pihaknya juga membantu melakukan observasi dengan melibatkan Paurkes Polres Kediri Kota. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.