BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Yovie Wicaksono - 8 July 2019
Gempabumi berpusat di laut 133 Km Barat Daya Ternate Maluku Utara, Minggu (7/7/2019) malam. Foto : (Super Radio)

SR, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami akibat terjadinya gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 7 di Provinsi Maluku Utara, Minggu (7/7/2019), pukul 22.08 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyampaikan, gempa yang berpusat di laut 133 Km Barat Daya Ternate Maluku Utara dengan kedalaman 49 kilometer ini membuat daerah Minahasa bagian selatan dan Minahasa Utara bagian selatan berstatus WASPADA.

“Berdasarkan pemodelan matematis terdapat ancaman tsunami dengan status ancaman WASPADA untuk daerah Minahasa bagian selatan dan Minahasa Utara bagian selatan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Super Radio, Minggu (7/7/2019) malam.

Dari hasil monitoring BMKG selama satu jam, telah terjadi 8 kali gempa susulan yang tercatat, dengan Magnitudo 3.5 – 4.9.

BMKG terus memonitor perkembangan gempa susulan dan tinggi muka air laut yang terdapat di 6 stasiun pasang surut (Bitung, Tobelo, Ternate, Taliabu, Jailolo, dan Xanana).

“Hingga saat ini, peringatan dini tsunami belum diakhiri,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.