Revitalisasi 1400 Rumah Tak Layak Huni di Kampung Inggris

Yovie Wicaksono - 21 April 2021
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pemerintah Pusat  memberikan bantuan program pengentasan rumah tak layak huni di Kampung Inggris, dimana teknis pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Kediri menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjelaskan dengan adanya program ini diharapkan dapat mengurangi rumah yang tak layak huni di Kabupaten Kediri.

“Setiap Kepala Daerah pasti membutuhkan bantuan serta program dari pemerintah pusat. Salah satu program yang paling krusial dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat adalah Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya),” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Dhito ini menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat karena telah memberikan bantuan program pengentasan rumah tak layak huni di Kampung Inggris Pare. Nantinya, Pemerintah Kabupaten Kediri akan mendapatkan bantuan sebanyak 1.400 rumah.

“Untuk rumah yang tidak layak huni nantinya akan mendapatkan dana stimulan dari pemerintah sebesar Rp 20 juta yang dapat digunakan oleh masyarakat penerima bantuan untuk pembelian bahan material bangunan dan upah tukang,” ungkapnya.

Sementara itu bapak satu anak ini kembali  menjelaskan, program ini merupakan salah satu janjinya untuk menata rumah tak layak huni di Kampung Inggris.

“Ini adalah sebagai bentuk kehadiran kita Pemerintah Daerah kepada masyarakat. Karena selama ini saya mendapat keluhan dari masyarakat mengenai penataan kampung inggris,” jelasnya

Ia menambahkan jika Program BSPS sangat dibutuhkan untuk merubah hunian masyarakat di Kampung Inggris agar lebih layak huni dan sehat.

“Kampung Inggris Pare merupakan salah satu icon wisata Kabupaten Kediri. Terlebih dengan program ini diharapkan, semakin berkurang jumlah rumah tak layak huni di Kabupaten Kediri,” imbuhnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.