Cuaca Jawa Timur Bagian Timur Potensi Hujan Disertai Petir, Surabaya Panas Terik

Rudy Hartono - 8 June 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda melaporkan prakiraan cuaca di Jawa Timur Sabtu (8/6/2024) didominasi cerah berawan. Namun BMKG memperingatkan lewatnya gelombang rossby di wilayah Jawa Timur bagian timur dan mengakibatkan beberapa daerah potensi hujan lebat.

Daerah yang berpotensi turun hujan disertai petir pada siang hari yakni Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bangkalan, Sampang, dan Sumenep. Hujan lebat juga potensi hujan sore hari di Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Pihak BMKG menjelaskan gelombang Rossby menyebabkan cuaca buruk pada wilayah yang dilaluinya. Gelombang Rossby ini membawa massa udara yang bersifat basah sehingga sebuah wilayah sering dilanda kondisi hujan atau mendung, bahkan hujan hujan dengan intensitas lebat.

Di luar daerah dihampiri gelombang Rossby, seluruh Jatim mengalami musim kemarau dengan suhu udara 23-35⁰C. Suhu tertinggi dialami Kabupaten Madiun dan Kediri lebih panas dibandingkan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik).

Cuaca panas di Surabaya Raya, Madiun, Kediri  sinar matahari menyengat terik, panas berlebihan. Surabaya suhu maksimal 34⁰C terasa seperti suhu 39⁰C. Begitu pun suhu 35⁰C Kabupaten Madiun dan Kediri berasa suhu 41⁰C.

Sementara Malang Raya (Kota Batu, kota/kabupaten Malang) cuaca cerah berawan hingga berawan tebak. Suhu udara kisaran 17-30 ⁰C, kelembapan 80-100 persen dan presipitasi antara 40-50 persen yang berpotensi membawa hujan ringan.

Terpisah, BMKG Tanjung Perak Surabaya juga menyebut kelembaban udara di perairan Jatim 53 – 90 persen dan kecepatan angin 5-30 km per jam.  Adapun ketinggian gelombang di perairan Surabaya diperkirakan sekitar 0,1 sampai 0,5 meter.

BMKG Tanjung Perak  mengeluarkan peringatan waspada pasang air laut maksimum yang akan terjadi di wilayah pesisir Jawa Timur. Gejala itu akan berpotensi banjir rob. Peringatan ini berlaku mulai tanggal 4 hingga 10 Juni 2024.

Banjir rob merupakan banjir yang disebabkan oleh kenaikan muka air laut akibat pasang maksimum, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. Banjir rob ini juga dikenal sebagai genangan.

Karena cuaca Surabaya Raya, Madiun, Kediri  masih didominasi cerah dan sinar matahari menyengat, BMKG menyarankan penggunaan sunscreen menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu juga disarankan untuk mengkonsumsi air.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.