Rayakan HUT ke-9, PHMI Tekankan Pentingnya Sinergi

Yovie Wicaksono - 28 February 2024

SR, Surabaya – Gelaran HUT ke-9 Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia (PHMI) berlangsung meriah di Moscha Hotel Surabaya, Selasa (27/2/2024).

Acara yang dihadiri rekan hotel dan media tersebut diawali dengan sharing session kemudian musyawarah kerja nasional (Mukernas), pemotongan tumpeng, hingga penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba.

“Ini organisasi yang unik. Satu-satunya di Indonesia yang menggabungkan media dan hotel dan bisa dikatakan kita bisa saling membantu dan menguatkan,” kata Ketua Umum PHMI, Arief Rahman.

Arief menyebut, perayaan tahun ini menjadi momen refleksi sekaligus menguatkan sinergi antar pihak. Dulunya, organisasi tersebut hanya berisi segelintir orang namun lambat laun makin berkembang hingga mencapai posisi ini.

Ia pun berpesan agar tiap unsur bersinergi dengan baik. Sesuai dengan misi PHMI yang menjadi jembatan antara media dengan pihak hotel dan menjaga kenetralan.

Misal, pada pihak hotel yang harus menajamkan insting saat dihadapkan dengan krisis. Sedangkan disisi media juga perlu memahami pola bisnis hospitality yang penuh kerapuhan.

“Per satu detik itu bisa terjadi krisis, akhirnya harus ada penyikapan dan antisipasi dan respon yang pas. Tidak boleh malah menghindari dan menjadi liar karena tidak berkomentar atau menemui reporter. Inilah yang menjadi misi PHMI,” ujarnya.

“Salah satu tujuan PHMI agar media juga paham bahwa di hospitality industry ini ada kerapuhan kalau kita tidak menyampaikan info yang benar dan terverifikasi,” imbuhnya.

Untuk itu ia berharap, PHMI menjadi wadah tumbuh kembang bersama. Mengawal geliat pariwisata bersama hotel-hotel hingga ke pelosok negeri.

“Semoga di tahun ini kita bisa berkembang, dengan satu keinginan bahwa dari PHMI oleh dan untuk PHMI, ini adalah kekuatan kita. Semoga bukan hanya di Jatim tapi juga Jogja, Bali terbentuk PHMI,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Agus Imam Sonhaji turut mengapresiasi giat PHMI. Menurutnya, gerak PHMI dapat membantu perputaran ekonomi di kota Pahlawan.

“Saya mengapresiasi sekali karena Surabaya ini kalau ingin tetap hidup dan survive, disamping sektor perdagangan adalah pariwisata,” ucapnya.

“Mari hotel kita ciptakan kondisi agar wisatawan posisinya lebih lama tinggalnya kalau bisa lebih dari tiga hari karena dampak ekonominya akan terasa. selamat ulang tahun PHMI semoga ke depan makin jaya,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.