Ramadan Tiba, Puan Minta Kepedulian pada Sesama Ditingkatkan

Yovie Wicaksono - 12 April 2021
Banjir bandang yang merusak permukiman di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, NTT. Foto : (Antara/Humas BNPB)

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani berharap ketakwaan dan kepedulian pada sesama selama bulan Ramadan dapat lebih ditingkatkan. Terlebih dalam beberapa waktu terakhir, bencana terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Terbaru, gempa bumi yang berpusat di kawasan Malang selatan, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) dengan magnitudo 6,7.

“Disiplin, sabar, tawakal, dan peduli sesama adalah nilai-nilai ibadah puasa. Mari kita tingkatkan lagi menjalankan nilai-nilai itu di Bulan Suci ini,” ujar Puan, Senin (12/4/2021).

Puan mengatakan, selama setahun lebih, pandemi mengajarkan tentang kesabaran, tawakal, serta lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, pandemi juga mengajarkan pentingnya kepedulian pada sesama yang kesulitan karena terdampak pandemi Covid-19.

“Peduli sesama, bergotong royong membantu saudara-saudara kita yang terdampak pandemi,” tandasnya.

“Jadikan bulan puasa ini untuk introspeksi diri seraya berdoa agar pandemi cepat teratasi,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sejak awal 2021, bencana alam terus terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 1.045 kejadian bencana alam sejak 1 Januari hingga 5 April 2021. Mulai dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), erupsi gunung Merapi, banjir, gempa bumi, kekeringan, hingga tanah longsor.

Bencana alam tersebut menyebabkan 4.362.537 orang mengungsi, 337 jiwa meninggal dunia, 12.463 luka-luka dan 55 orang hilang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.