Prakiraan Cuaca Surabaya Raya Tidak Sepanas Kota Madiun dan Mojokerto

Rudy Hartono - 15 June 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda melaporkan prakiraan cuaca Kota Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) akhir pekan, Sabtu 15 Juni 2024, diprakirakan tidak sepanas biasanya. Bahkan cuaca cenderung berubah-ubah dari berawan, cerah berawan, bahkan berpeluang hujan ringan pada sian hingga sore hari.

Rata-rata suhu Surabaya Raya 25 hingga 33 derajad Celcius, terasa panas menyengat pada siang hari. Kelembapan 60 – 90 persen , dengan kecepatan angin  30 Km/jam, arah angin ke kawasan Timur dan Tenggara.

Sementara itu cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur akan cerah berawan dengan suhu udara rata-rata 24 – 33 derajad Celcius. Namun ada dua kota yang suhu udara 34 derajad Celcius yakni Kota Mojokerto dan Kabupaten Bondowoso. Selain itu ada satu daerah dengan suhu tertinggi tertinggi 35 derajad Celcius yakni Kota Madiun.

Kendati Jawa Timur keseluruhan sudah memasuki awal musim kemarau, namun, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga lebat disertai petir.

Sebagian besar daerah di Jawa Timur diperkirakan cerah, terutama pada malam hari. Sebanyak tujuh kabupaten dan kota diprediksi akan turun hujan, dengan tiga di antaranya berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir. Tiga daerah itu: Kabupaten Malang, Mojokerto dan Lamongan.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.