Prakiraan Cuaca Surabaya Raya Kembali Panas Menyengat

Rudy Hartono - 22 June 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan cuaca pada Sabtu 22 Juni 2024  di Surabaya Raya dan seluruh daerah Jawa Timur akan didominasi cuaca cerah sepanjang hari. Tidak akan ada wilayah yang hujan dan juga tidak ada peringatan dini untuk seluruh Jatim.

Hanya Banyuwangi, Batu, Jember, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Malang, Lumajang, Pacitan, Trenggalek dan Tulungagung yang diprediksi akan mengalami cuaca berawan

Suhu udara di Jawa Timur berada di kisaran 16 ⁰C hingga 35 ⁰C. Suhu udara terendah Batu, 16-28 ⁰C, sedangkan suhu tertinggi dialami Surabaya 25-35⁰C. Kemudian suhu tinggi kisaran 23-34 ⁰C disusul oleh kota Sidoarjo, Gresik, Madiun,  Mojokerto, Probolinggo, Pasuruan, Kabupaten Lamongan, dan Bangkalan.

Terkait sinar matahari menyengat, BMKG memberikan peringatan dini mengenai potensi kebakaran hutan dan lahan di Jawa Timur.

Terpisah BMKG Tanjung Perak memprakiraan cuaca maritim 22 Juni di seluruh wilayah perairan Jawa Timur (Jatim), cenderung berawan .

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knots (38 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 23 knot (41 km/jam).

Sementara itu ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-1.0 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 m dan S. Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.3 m.

Karena seluruh Jawa Timur sudah masuk musim kemarau dengan cuaca didominasi cerah dan sinar matahari menyengat, BMKG menyarankan penggunaan sunscreen menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit saat beraktivitas di luar rumah.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.