PPKM Darurat, 17 Perjalanan Kereta Api Dibatalkan

Yovie Wicaksono - 6 July 2021
Suasana ruang tunggu Stasiun Gubeng pada hari pertama masa larangan mudik lebaran, Kamis (6/5/2021). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR,Surabaya – PT KAI Daop 8 Surabaya membatalkan 17 perjalanan KA Jarak Jauh dan lokal selama periode Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan 3-21 Juli 2021.

KA Jarak Jauh yang dibatalkan itu adalah KA Brawijaya relasi Malang – Gambir (PP), KA Gumarang relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen (PP), KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng – Bandung (PP), KA Kertanegara relasi Malang – Purwokerto (PP), KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta (PP) dan KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen (PP). Ikut pula dibatalkan, KA Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen (PP), KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong (PP) dan KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember (PP).

Sementara KA Lokal yang dibatalkan adalah KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar (PP), KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar (PP), KA Penataran relasi Malang – Surabaya Kota, KA Tumapel relasi Surabaya Gubeng – Malang, dan KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasar Turi – Cepu (PP). Berikutnya, KA Ekonomi Lokal Bojonegoro relasi Sidoarjo – Surabaya – Bojonegoro (PP), KA Ekonomi Lokal Kertosono relasi Surabaya Kota – Kertosono (PP) dan KA Komuter relasi Surabaya – Pasuruan (PP).

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang yang perjalanannya dibatalkan selama masa PPKM darurat tersebut,” ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Selasa (6/7/2021).

Ia juga berharap kebijakan itu bisa ikut membantu menekan penyebaran Covid-19.

Untuk calon penumpang KA Jarak Jauh/Lokal yang sudah memiliki tiket, agar melakukan proses pembatalan tiket di seluruh stasiun online penjualan tiket atau layanan Contact Center 121. Bea tiket akan dikembalikan penuh atau 100% diluar bea pesan oleh KAI.

Proses pembatalan tiket, dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan KA (H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket). Informasi terkait proses pembatalan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 untuk mendapat panduan lebih lanjut. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.