Polda Jatim Jamin Keamanan Selama Perayaan Natal

Yovie Wicaksono - 25 December 2019
Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan. Foto : (afr JNR)

SR, Surabaya – Polda Jawa Timur menjamin keamanan masyarakat nasrani yang melakukan misa natal di gereja. Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, menyebut situasi di wilayahnya terpantau aman.

Luki mengatakan, pengamanan ini dilakukan dengan cara khusus yang lebih sederhana namun tetap waspada agar tidak menimbulkan ketakutan hingga kekhawatiran masyarakat.

“Kita berikan kepada masyarakat supaya tidak ada rasa ketakutan. Jadi kami tetap memprioritaskan pengamanan, bukan berarti kita dengan operasi ini masyarakat justru menjadi takut,” kata Luki, Selasa (24/12/2019).

“Tapi Alhamdulillah kita lihat sendiri dari laporan perwira yang kami tugaskan bahwa masyarakat Jatim yang saat ini sedang merayakan dan mengikuti kebaktian, berbondong-bondong membawa anak, keluarga semua nenek juga pada datang, ini sebagai bentuk Jatim aman,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Luki menyebut selain pengamanan, para kiai dan habib di Jatim turut mendoakan kelancaran ibadah dan pengamanan ini. Luki berjanji akan melakukan semuanya secara maksimal.

“Kami melihat kebahagiaan, bisa ditanya bagaimana masyarakat menuju gereja. Kami berikan all out dan didukung para kiai, habib untuk doa semuanya untuk Jatim,” lanjut Luki.

Terkait pengamanan, Luki mengatakan, pihaknya menyesuaikan kapasitas gereja. Jika gerejanya besar dan memiliki jemaat banyak, tentu pihaknya akan memberikan pengamanan lebih.

“Beragam personelnya, sesuai dengan jumlah di mana misa berlangsung jadi kita disesuaikan,” pungkas Luki. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.