Poin Desakan Pengesahan RUU P-KS Sampai ke Seknas FPL

Yovie Wicaksono - 13 September 2019
Dialog Mendesaknya Pengesahan RUU P-KS, di Surabaya, Selasa (3/9/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ketua Savy Amira Surabaya Siti Mazdafiah mengatakan, poin-poin  diskusi yang berisi desakan kepada pemerintah dan DPR RI untuk segera mengesahkan Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) telah sampai ke Seknas Forum Pengada Layanan (FPL).

Sebelumnya, Savy Amira menggelar Forum Diskusi yang dihadiri lembaga pengada layanan, akademisi, aktivis kemanusiaan, beserta perwakilan Fraksi DPRD Jawa Timur (Jatim) di Surabaya, pada Selasa (3/9/2019).

“Release poin-poinnya sudah disampaikan ke Seknas FPL untuk pembahasan dengan DPR. Sudah dibawa ke Komnas juga. Hanya saja belum ada respon lebih lanjut dan kita menunggu pembahasan lanjutan,” ujarnya kepada Super Radio, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) dari Fraksi PDI Perjuangan, Erma Susanti mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah dan DPR RI untuk segera mengesahkan RUU P-KS.

Erma menegaskan, keberadaan RUU PKS harusnya lebih dulu menjadi perhatian pemerintah dan DPR RI karena sudah masuk dalam pembahasan yang lama.

“RUU P-KS ini kan sudah masuk daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tiap tahun, kajian sudah lima tahun lalu,” imbuhnya.

Sekedar informasi, berdasarkan Surat Keputusan DPR RI Nomor 19/DPR RI/I/2018-2019 tentang Program Legislasi Nasional Rancangan Undang-Undang Prioritas Tahun 2019, terdapat sebanyak 55 Daftar Judul RUU dan lima daftar RUU Kumulatif Terbuka.

Selain itu juga terdapat sebanyak 189 judul RUU dan lima daftar RUU Kumulatif Terbuka dalam Daftar Perubahan Program Legislasi Nasional Rancangan Undang-Undang Tahun 2015-2019, dengan keterangan sebanyak 22 RUU telah disahkan. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.