Pesan Mahfud MD pada Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri

Yovie Wicaksono - 21 September 2021
Menko Polhukam Mahfud MD saat melantik dan mengambil sumpah Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Rina Prihtyasmiarsi Soemarno di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/9/2021). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh. Mahfud MD menegaskan bahwa Kemenko Polhukam memiliki tugas dan fungsi melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian di berbagai bidang, salah satunya yaitu dalam bidang Politik Luar Negeri.

“Bidang ini menjadi fokus kerja pada Deputi Bidang Politik Luar Negeri yang bertugas mengawal capaian target pembangunan bidang politik luar negeri pada K/L di bawah koordinasi Kemenko  Polhukam,” kata Mahfud MD saat melantik dan mengambil sumpah Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Rina Prihtyasmiarsi Soemarno di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, Mahfud juga menjelaskan tantangan dalam bidang koordinasi politik luar negeri saat ini, salah satunya adalah terkait koordinasi dan sinkronisasi kebijakan dalam penanganan aktivitas militer asing dan kapal asing di wilayah perairan Indonesia, penyelesaian perbatasan darat dan laut dengan negara tetangga, serta penanganan pengungsi dari luar negeri.

“Kepada Deputi Bidang Politik Luar Negeri, yang baru saja dilantik, saya percaya dengan semua pengalaman di bidang akademik dan pengalaman tugas, Anda dapat memberikan rekomendasi terhadap permasalahan tersebut. Untuk itu, perlu mensinergikan antar Kementerian/Lembaga terkait,” kata Mahfud.

Dirinya berharap, Kemenko Polhukam harus senantiasa tanggap, siaga dan terus menerus meningkatkan atensi dalam mengawal stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan.

“Utamanya melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenko Polhukam dalam mengkoordinasikan, menyinkronkan dan mengendalikan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Polhukam,” katanya. (ns/red) 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.