Pesan Khofifah Terkait Pilkada Serentak di Tengah Pandemi

Yovie Wicaksono - 25 October 2020
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto : (Istimewa)

SR, Situbondo – Pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang tinggal 45 hari lagi. Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan beberapa pesan pada masyarakat Jatim yang akan mengikuti pesta demokrasi di tengah pandemi Covid-19 ini. 

“Bagaimana rakyat sehat, ekonomi sehat, proses demokrasi juga sehat. Saya mohon seluruh warga Jawa Timur yang sedang menyelenggarakan Pilkada termasuk Situbondo, pada hari H, agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19,” kata Khofifah saat di Pendopo Kab Situbondo, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya, penekanan dan sosialisasi protokol kesehatan tetap dilakukan oleh KPU dan Bawaslu yang akan terus melakukan monitoring. “Termasuk Bupati dan Wali Kota bersama Dandim dan Kapolres juga akan terus melakukan sosialisasi pada masyarakat. Saya mohon hak pilih masyarakat (tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara) juga dimaksimalkan,” imbaunya. 

“Jangan sampai karena pandemi Covid-19, kita sama-sama menahan, kemudian tingkat partisipasi pemilih menjadi berkurang. Tolong kota tetap satu, ekonomi sehat, rakyatnya sehat, tapi kualitas demokrasi Pilkada juga terjaga,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Pilkada Serentak di Jatim akan digelar di 19 kabupaten/kota. Di antaranya terdiri dari 16 kabupaten dan tiga kota. Masing-masing kabupaten, yakni Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi. Kemudian untuk kota, yakni Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.