Persiapkan Pemilu 2024, PDI Perjuangan Jatim Gelar Rapat Koordinasi

Yovie Wicaksono - 8 May 2021
Rapat Koordinasi (Rakor) secara daring bersama 38 pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Jumat (7/5/2021). Foto : (Super Radio/Hamidia Kurnia)

SR, Surabaya – DPD PDI Perjuangan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) secara daring bersama 38 pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Jumat (7/5/2021).

Turut hadir dalam Rakor tersebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, Sekretaris Sri Untari Bisowarno, serta Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Organisasi Whisnu Sakti Buana.

Whisnu Sakti Buana mengatakan, Rakor ini untuk mempersiapkan beberapa hal, diantaranya Rapat Kerja Cabang (Rakercab), dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Rakor ini juga sebagai salah satu langkah mengamankan amanat kongres ke-5 partai yaitu meraih tiga kali keberhasilan (hattrick) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 nanti.

“Rakor hari ini untuk persiapan Rakercab maupun Rakerda yang akan digelar pasca lebaran. Kita ingin menyampaikan kepada seluruh cabang 38 DPC ini agar persiapan Rakercab itu betul-betul siap, karena disitu harus melaporkan pendataan di masing-masing wilayah sampai tingkat kelurahan sehingga kesiapan data itu memang kita butuhkan sebagai persiapan Rakernas sebagai bahan kita dalam pertempuran di 2024,” kata Whisnu.

Whisnu menyebut, DPD PDI Perjuangan Jatim berencana menyelesaikan konsolidasinya sesegera mungkin sampai akhir Mei 2021, agar nantinya pada 14 Juni 2021 pelaksanaan Rakercab bisa selesai setelah sebelumnya menyelesaikan konsolidasi partai. Untuk itu dilakukan pengecekan kesiapan tiap DPC agar data yang disampaikan benar-benar sesuai, dan bukan data mati.

“Jangan sampai data itu hanya data asal-asalan yang hanya untuk menyenangkan DPD ataupun DPP partai. Nanti setelah Rakercab sebelum Rakerda itu akan kita sampling ke DPC, benar gak ini orangnya itu memang ada dan memang sesuai data yang diserahkan atau tidak, nomor handphone nya,” ujarnya.

Tercatat ada 13 cabang yang telah siap dan memasukan jadwal, sehingga setelah Rakor ini, pihaknya akan memberikan jadwal sesuai usulan cabang masing-masing.

“Ada 13 cabang yang sudah memasukan jadwal, tapi nanti skema nya untuk kabupaten/kota yang memang bisa kita gabung akan kita gabung sehingga meminimalisir titik yang harus digelar Rakercab,” imbuhnya.

Whisnu juga mengimbau para pengurus partai agar aktif dalam mengurus partai, memiliki semangat konsolidasi serta menjalankan tugasnya sesuai arahan di masing-masing wilayah.

“Kesiapan ini yang memang kita perlukan, kita pantau terus karena ini juga instruksi Presiden kan kita tidak boleh mudik, jadi pengurus partai tidak ada alasan karena kesibukan lebaran karena sama-sama gak mudik semua, semua ada di wilayah masing-masing. Ada tugas partai yang lebih berat ini, ya memang terasa berat di awal tetapi menurut kita ini akan jadi modal kita yang luar biasa untuk persiapan di 2024,” katanya.

Hal serupa juga dikatakan Sri Untari Bisowarno. “Sudah ada petunjuk teknis dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai terkait data-data yang kita butuhkan ini, apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, kemana, dan nanti bagaimana itu semuanya, kemarin ada surat petunjuk teknis dalam upaya untuk mendapatkan data ini,” ujarnya.

“Pak Ketua (Kusnadi, red) sudah memberikan gambaran untuk persiapan menang Pemilu Legislatif maupun menang Pilpres di tahun 2024. Kata kuncinya adalah kita tetap berani terima tantangan. Tantangan dari DPP partai itu memang tidak mudah tetapi kalau kita bersemangat,” pungkas Untari. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.