Pemprov Jatim Terus Upayakan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas

Yovie Wicaksono - 20 December 2019
Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Gedung Negara Grahadi, Jumat (20/12/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sejumlah bantuan kepada penyandang difabel, seperti kebutuhan untuk menunjang pekerjaan, kebutuhan berkegiatan, serta kebutuhan lainnya.

Pemberian bantuan ini dilakukan di Gedung Negara Grahadi, Jumat (20/12/2019) untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional. 

Khofifah mengatakan, aksesibilitas di setiap lini terus diupayakan, seperti di tempat-tempat umum, Plaza atau Mall, pasar, tempat-tempat Ibadah dan seterusnya. 

“Aksesibilitas bagi penyandang disabilitas memang harus terus kita ikhtiarkan, termasuk dalamnya adalah lift misalnya,” imbuhnya.

Kepada penyandang disabilitas, Khofifah mengajak mereka tetap semangat, karena banyak penyandang disabilitas yang menuai sukses luar biasa. 

“Pokoknya Be Yourself And Do The Best, jangan merasa bahwa second class society, tetapi bahwa dihadapan Allah, kemuliaan itu sangat tergantung kepada ketakwaan seseorang bukan karena fisik seseorang,” pungkas gubernur perempuan pertama di Jatim.

Di sela – sela peringatan yang dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Jatim tersebut, Sandy Agung berkesempatan sebagai gitaris mengiringi dua rekannya, Rachmat Hidayat dan Muniroh yang membacakan puisi tentang disabilitas. Setelah tampil, pria asal Malang tersebut juga mendapat hadiah berupa gitar listrik dari Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, termasuk Rachmat dan Muniroh yang diberi laptop dengan harapan mampu lebih berkreasi serta termotivasi.

Di tempat sama, Khofifah yang didampingi Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin juga memberikan santunan kepada sejumlah penyandang disabilitas, seperti sepeda motor roda tiga yang dirancang khusus, kursi roda, paket sembako dan uang tunai secara simbolis. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.