Pemerintah akan Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri

Yovie Wicaksono - 31 December 2019

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan jaringan telekomunikasi aman mandiri atau Jaringan Aman Mandiri (JAM).

“Kita akan membuat suatu jaringan, nama sementara ini Jaringan Aman Mandiri. Itu jaringan frekuensi dan sebagainya, itu belum terkoordinasi dan (saat ini kita) masih pakai jaringan komersial,” ujar Mahfud MD di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Menurut Mahfud, Jaringan Aman Mandiri komersial yang sudah ada saat ini masih belum sepenuhnya aman atau dapat disadap, serta akan mengalami masalah jika perusahaannya sedang bermasalah atau gangguan jaringan.

“Dengan jaringan komersial itu, company-nya itu macet, kita ikut macet, dan itu bisa disadap, bisa kena operasi intelijen. Ini mau bikin yang mandiri, apapun namanya,” kata Mahfud. 

Menurutnya, Jaringan Aman Mandiri juga telah dimiliki dan diterapkan oleh pihak militer RI termasuk TNI dan Polri. Oleh karena itu, pemerintah ingin membangun jaringan yang aman dan bisa dikontrol untuk digunakan bagi seluruh warga negara Indonesia.

“Kita sering kebobolan kalau tidak pakai yang mandiri. Yang penting mandirinya itu. Mandiri itu artinya dikelola sendiri secara terpusat dengan milik, password, password-nya kalau istilah sederhana itu milik sendiri juga. Tidak bisa dimasuki oleh orang lain,” jelasnya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.