Pelajar Sekolah Alam di Kediri Belajar Olah Sampah Jadi Barang Berguna

Yovie Wicaksono - 16 March 2022

SR, Kediri – Di tangan anak berusia 4 tahun hingga kelas 4 Sekolah Dasar, sampah bekas plastik dan sisa kotoran dapur dapat dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat. Mereka adalah pelajar Sekolah Alam Ramadhani,Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. 

“Anak-anak mengolah sampah biar menjadi barang yang berguna, lebih indah, jadi tidak hanya seonggok sampah. Karena usianya masih anak-anak, mereka kita ajak mengolah dengan cara sederhana,” kata Aulya, Kepala Sekolah Alam Ramadhani, Selasa (15/3/2022).

“Sampah gelas plastik dibuat mainan ayam, sedangkan kaleng bekas rokok dibikin celengan. Tujuan kita mengadakan kegiatan ini agar para siswa sadar bahwa sampah, ternyata masih bisa digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya sekedar dibuang percuma,” tambahnya. 

Selain melibatkan para pengajar sebagai mentor, Sekolah Ramadhani juga menggandeng komunitas Berline (Bersama Lindungi Ekosistem) yang berasal dari Semarang.

Hasil karya para pelajar ini nantinya akan dipamerkan, dengan maksud untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat luas agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan. 

Sementara itu, Pristiawan selaku koordinator Gerakan Bersama Lindungi Ekosistem, menjelaskan jika kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mengenalkan kepada mereka sejak dini tentang persoalan lingkungan hidup. 

“Karena Komunitas kami kan perhatianya fokus pada lingkungan hidup, sosial dan kemanusiaan,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.