Pasien Terus Bertambah, Nakes RSLI Berharap Vaksinasi

Yovie Wicaksono - 19 January 2021
Ilustrasi. Foto : (Antaranews)

SR, Surabaya – Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksma I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara berharap pekan depan seluruh tenaga kesehatan yang bertugas bisa mendapat vaksinasi, mengingat jumlah pasien yang terus meningkat.

Dikatakan, hingga saat ini pemberian vaksinasi pada tenaga kesehatan disana masih dalam proses.

Sementara itu, kondisi tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya dipastikan aman dan sehat. Total ada 250 orang yang bertugas di rumah sakit lapangan ini.

“Prinsipnya saya bilang ke mereka bahwa cara pemakaian dan pelepasan APD memang bener-bener harus benar. Kedua, waktunya istirahat mereka harus istirahat, tidak boleh keluyuran dan mereka kita siapkan ruangan penginapan di hotel maupun diasrama. Ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah apabila ada keluhan, batuk pilek demam, harus disampaikan. Jika ada keluhan, maka kita minta istirahat dulu sambil kita lakukan pemeriksaan swab. Sehingga benar-benar mereka terpantau,” katanya, Selasa (19/1/2021).

Disisi lain, Nalendra meminta masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, yakni 3M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak).

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri agar tetap optimis bahwa semua ini akan terlewatkan.

“Harus tetap tenang dan senang. Kalau diminta istirahat ya istirahat dengan benar. Insya Allah 10 hari kemudian sudah bisa pulih seperti biasa,” ujarnya.

Hal ini yang juga menjadi salah satu treatment di RSLI. Dimana setiap pagi pasien diajak berolahraga dan berjemur. RSLI juga menjaga asupan makanan, seperti berapa kalori yang harus dipenuhi agar daya tahan tubuh pasien meningkat dan cepat kembali pulih.

Sekedar informasi, hingga Selasa (19/1/2021), pukul 21.00 WIB, total pasien yang sudah dirawat di RSLI Surabaya ada sebanyak 5733 orang. Terdiri dari 3446 pasien laki-laki dan 2287 pasien perempuan. Sementara untuk pasien yang sudah sembuh sebanyak 5292 orang. Terdiri dari 3173 pasien laki-laki dan 2119 pasien perempuan.

“Semoga pasien tidak banyak lagi, bisa terus menurun, sehingga teman-teman di RSLI ini bisa kembali lagi sesuai tupoksi masing-masing mereka, ada yang bertugas di RS. Soetomo, saya sendiri dari Jakarta, ada dari kesehatan Malang, TNI angkatan darat, juga relawan-relawan yang sudah berapa lama tidak bisa bertemu dengan keluarga,” ujarnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.