Pasca Libur Lebaran, Eri : Bangkitkan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo

Yovie Wicaksono - 19 May 2021
Tes Usap Covid-19 di Surabaya. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR,Surabaya – Pasca libur lebaran, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi meminta Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo harus dibangkitkan kembali dengan melibatkan seluruh perwakilan lapisan masyarakat untuk menjadi bagian dari satuan petugas (satgas) Covid-19.

Ketika ada warga yang baru pulang dari luar kota, satgas Covid-19 setempat, wajib memastikan mereka telah membawa surat bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil tes swab atau rapid antigen.

Apabila warga belum memiliki, maka satgas wajib mengarahkan untuk swab dan kemudian isolasi mandiri hingga hasilnya dinyatakan negatif.

“Mohon untuk 3T (tracing, testing dan treatment) lebih dimasifkan. Peran RT/RW lebih intens memantau warga yang baru pulang dari luar kota,” ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Eri menambahkan, lurah dan camat secepatnya untuk melaporkan dan menunjukkan keberhasilannya dengan memperbarui status zona wilayah.

“Untuk wilayah zona orange segera diturunkan menjadi zona kuning, zona kuning menjadi hijau dan zona hijau tetap menjaga dan mempertahankan kondisi tersebut,”terangnya.

Tidak itu saja,Eri juga meminta Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Irvan Widyanto, secara spesifik memantau perkembangan wilayah.

Di Surabaya sendiri, berdasar zonasi PPKM Mikro sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri No 10 tahun 2021 data per 18 Mei 2021, disebutkan ada 93 wilayah zona hijau, 61 zona kuning serta nihil zona orange dan merah.

Sedangkan yang terkonfirmasi positif Covid-19, mencapai 23.807 orang dengan tingkat kesembuhan 22.341 orang. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.