Para Elite Parpol Akan Hadiri Kongres V PDI Perjuangan

Yovie Wicaksono - 7 August 2019
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (kanan). Foto : (PDI Perjuangan Jatim)

SR, Bali – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir pada Kongres V PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, pada Kamis (8/8/2019).

Jokowi dijadwalkan memberikan sambutan setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya saat pembukaan kongres.

“Agenda utama yaitu pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri dan kemudian sambutan Presiden Jokowi, juga kapasitasnya sebagai kader PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam konferensi pers di Hotel Inna Grand Bali Beach, Rabu (7/8/2019).

Selain Jokowi, sebut Hasto, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir.

Pihaknya juga mengundang semua ketua umum dan elite partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Parpol KIK itu, yakni Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Hanura, PKPI, PSI, Perindo dan PBB. “Bahkan Golkar dan Nasdem minta tambahan kursi jadi kita sediakan,” ungkapnya.

Dia juga memastikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan hadir dalam acara pembukaan kongres. “Pak Prabowo sudah memastikan kehadiran beliau,” ujar Hasto.

Megawati Soekarnoputri, jelasnya, memang mengundang Prabowo secara khusus untuk datang ke kongres. Undangan itu disampaikan langsung oleh Megawati saat bertemu Prabowo di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019) lalu.

Sekedar informasi, kongres partai sedianya merupakan sarana untuk memutuskan kepemimpinan PDI Perjuangan selama lima tahun mendatang.

Pada Kongres IV di Bali, Megawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2015-2020.

Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan nonaktif, Puan Maharani menyampaikan, partainya sengaja mempercepat Kongres V dengan tujuan menyinergikan semua program kepartaian dengan program pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Kenapa Kongres dipercepat, untuk bisa menyinergikan semua program-program kepartaian bersama dengan pemerintah Pak Jokowi yang insya Allah akan dilantik pada periode keduanya di bulan Oktober,” terang Puan saat di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (6/8/2019).

Selain itu, dalam Kongres V nanti jajaran pimpinan PDI Perjuangan akan membahas strategi penguatan dan soliditas partai dengan merancang program-program partai yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan.

“Jadi memang ini untuk penguatan, soliditas partai dan tentu saja program-program partai, sehingga nantinya bisa berjalan seiring seirama dengan program pemerintah yang akan datang,” jelas Puan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.