Mulai Hari Ini, BI Jatim Buka Pertukaran Uang Edisi Kemerdekaan

Yovie Wicaksono - 18 August 2020
Uang baru pecahan edisi khusus kemerdekaan Rp75 ribu. Foto : (Kemenkeu)

SR, Surabaya – Mulai hari ini, Selasa (18/8/2020), Kantor Perwakilan (Kanwil) Bank Indonesia Jawa Timur akan membuka pelayanan penukaran uang baru pecahan edisi khusus kemerdekaan Rp75 ribu untuk masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, pelayanan penukaran ini dapat dilakukan dengan mendaftar lebih dahulu melalui sistem online di website pintar.bi.go.id atau melalui aplikasi Pintar yang dapat di download melalui Play Store.

“Ikuti semua proses yang kami buat, penukarannya hanya mendaftar menggunakan KTP saja, nanti dapat konfirmasi kapan mau ambil dan mau diambil di mana,” kata Difi, Senin (17/8/2020).

Ia mengatakan, karena ini adalah uang untuk peringatan, maka setiap satu KTP yang mendaftar, hanya akan mendapat satu lembar uang saja.

“Kalau sudah menukar satu kali, tidak bisa lagi. Kami batasi ini karena bukan uang biasa, untuk kita gunakan sebagai peringatan,” jelasnya.

Difi menjelaskan, peluncuran uang ini dilakukan sebagai bentuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, sehingga nilainya disesuaikan dengan usia RI. 

Pecahan ini, kata dia, unik. Sebab menggunakan nilai yang tak lazim digunakan. Sesuai teori, biasanya pecahan 1, 2, dan 5. Selain itu, desainnya pun banyak mengandung sejarah, mulai dari gambar proklamator Ir Soekarno dan Mohammad Hatta, kemudian ada hasil pembangunan, lalu ada nilai keberagaman.

Terkait proses pelayanan penukaran ini, Kanwil Bank Indonesia Jatim akan membuka pelayanan sampai 31 Oktober 2020 mendatang. Tak hanya di Bank Indonesia, mulai 1 Oktober, proses pelayanan penukaran dapat dilakukan di Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, dan BCA. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.