Menhub Tinjau Penerapan Prokes di Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan

Yovie Wicaksono - 29 October 2020
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau penerapan protokol kesehatan di Stasiun Pasar Senen pada Kamis (29/10/2020). Foto : (Dephub)

SR, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan pada Kamis (29/10/2020), guna memastikan penerapan protokol kesehatan dalam masa libur panjang terlaksana dengan baik.

Budi Karya mengatakan, sesuai pesan Presiden agar libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat maka harus dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang.

“Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang telah dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker.

Diharapkan, dengan tersedianya fasilitas tersebut, dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

“Kami berkoordinasi dengan Dishub dan Polisi, untuk melakukan random check terhadap penerapan protokol pada transportasi massal maupun kendaraan pribadi. Kalau mobil pribadi di cek apakah mereka menggunakan masker atau tidak,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 1 November mendatang.

“Untuk itu seyogyanya jangan pulang bersama-sama di tanggal 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” tambahnya.

Dalam tinjauannya, Menteri Perhubungan juga membagikan masker kepada para penumpang, serta pegawai stasiun dan terminal sebagai tanda bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

“Saya lihat tadi protokol kesehatannya bagus, tapi banyak yang pakai masker scuba. Kalau scuba itu kan tidak bagus, makanya tadi kita berikan masker, agar mereka ganti. Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil,” ujarnya.

Sekedar informasi, pada 28-29 Oktober 2020, PT Kereta Api Indonesia wilayah Daop I Jakarta sudah memberangkatkan total 9.563 penumpang dengan 11 perjalanan kereta api per hari dari Stasiun Pasar Senen. Tujuan favorit penumpang kereta api pada masa libur panjang ini diantaranya adalah Yogyakarta, Purwokerto, serta Bandung.

Puncak balik kedatangan penumpang ke Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan terjadi pada 1 dan 2 November 2020, dengan jumlah tiket penumpang yang sudah terjual mencapai lebih dari 4.000 tiket perharinya.

Sementara itu, jumlah penumpang di Terminal Kampung Rambutan mengalami kenaikan sebesar 30 persen. Adapun jumlah keseluruhan penumpang yang diangkut pada 1-28 Oktober 2020 berjumlah 78.242 penumpang.

Dalam tinjauannya ke Stasiun Pasar Senen, Menteri Perhubungan didampingi oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Danto Restyawan, serta Kepala Daerah Operasi 1 PT KAI Eko Purwanto.

Sementara dalam tinjauannya ke Terminal Kampung Rambutan, turut hadir Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala BPTJ Polana B. Pramesti dan Kadishub DKI Syafrin Liputo. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.