Menhub Apresiasi Prestasi Barunastra ITS Jadi Juara Dunia

Yovie Wicaksono - 7 July 2022

SR, Surabaya – Keberhasilan Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi juara dunia pada International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Florida, Amerika Serikat, akhir Juni lalu, terus mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Kali ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya dengan mengundang langsung Tim Barunastra ITS ke kantor pusat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam pertemuan yang juga diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ITS ini, Menhub mengungkapkan mengatakan, Tim Barunastra ITS mempunyai tiga kekuatan dalam mencapai keberhasilan pada IRC 2022 lalu. 

“Pertama, anak-anak kita adalah anak-anak yang cerdas. Keberhasilan ini tidak mungkin dicapai tanpa kecerdasan,” tegasnya bangga, Kamis (7/7/2022).

Budi melanjutkan, yang kedua adalah karakter ulet yang dimiliki oleh setiap anggota tim. Bersaing dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) hingga University of Michigan tentu bukan hal yang mudah. Apalagi dengan peralatan-peralatan tim-tim tersebut yang jauh lebih canggih. Namun keuletan tersebut berhasil membawa Barunastra ITS menjadi juara umum.

Selain itu, menurut Budi, aspek kerja sama juga merupakan kekuatan utama yang dimiliki oleh tim riset robot kapal tanpa awak tersebut. Berasal dari departemen yang beragam di ITS serta latar belakang keilmuan yang berbeda-beda justru menjadi kekuatan tersendiri bagi Tim Barunastra ITS.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo secara umum, Budi turut berpesan agar berbagai kegiatan riset yang dijalankan ITS, khususnya oleh Tim Barunastra ini, diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat secara nyata. 

“Artinya tidak hanya sekadar melakukan penelitian, tetapi juga dapat dikomersialkan,” tandasnya optimistis.

Sementara itu, Dosen pembimbing Tim Barunastra ITS Rudy Dikairono pun mengungkapkan, inovasi kapal autonomous dan kecerdasan buatan pada kapal Nala Theseus milik Barunastra ITS sangat diapresiasi oleh Kementerian Perhubungan. Ke depan, Menhub Budi dan pihaknya berencana untuk mengadopsi inovasi kecerdasan buatan tersebut guna memenuhi kebutuhan perhubungan di Indonesia.

Terakhir, pada pertemuan tersebut, Menhub juga mengungkapkan niatnya berkunjung ke ITS dalam waktu dekat. Selain untuk menyaksikan demonstrasi kapal tanpa awak Tim Barunastra, kedatangannya juga berkaitan dengan usaha hilirisasi produk riset ITS terutama yang berkaitan dengan perhubungan. 

“Harapannya, semoga karya anak bangsa ini dapat dipertunjukkan pada Konferensi G20 mendatang,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.