Libur Panjang Nasional, Volume Pelanggan di Daop 8 Naik 30 Persen

SR, Surabaya – Sebanyak 85.919 pelanggan melakukan perjalanan keberangkatan dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya selama masa libur panjang 31 Mei hingga 4 Juni 2023.
Adapun rincian penumpangnya pada Rabu (31/5/2023) ada sebanyak 17.970 pelanggan, Kamis (1/6/2023) ada 20.608 pelanggan, Jumat (2/6/20233) ada 15.123 pelanggan, Sabtu (3/6/2023) ada 16.347 pelanggan, dan Minggu (4/6/2023) ada 15.871 pelanggan (data sampai jam 11.00 WIB).
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, okupansi pelanggan di Daop 8 Surabaya meningkat 30 persen dibanding pada periode yang sama minggu kemarin. Dari jumlah ini, sebanyak 28.426 pelanggan naik dari Surabaya Gubeng, 24.427 pelanggan dari Surabaya Pasarturi, dan 15.481 dari Malang.
“Selebihnya merupakan keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, seperti Mojokerto, Lamongan, Bangil, Sidoarjo, Bojonegoro dan sebagainya,” ucapnya.
Pada periode 31 Mei – 4 Juni 2023, KAI Daop 8 Surabaya menjalankan sebanyak 46 kereta api (KA) jarak jauh. Tujuan favorit pelanggan didominasi oleh KA Sritanjung relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Lempuyangan, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong Bandung, dan KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang.
Sementara itu, sebanyak 15.871 pelanggan yang melakukan keberangkatan dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya pada Minggu 4 Juni 2023, yang diantaranya 4.112 pelanggan dari Stasiun Surabaya Gubeng, 5.089 pelanggan dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 2.891 pelanggan dari Stasiun Malang, dan lainnya naik dari stasiun keberangkatan wilayah Daop 8 Surabaya.
Luqman Arif menambahkan, volume pelanggan ini masih terus berubah karena pemesanan tiket masih berlangsung. Selain itu, para pelanggan dapat membeli tiket Go Show di stasiun 3 jam sebelum keberangkatan dan tarif khusus 2 jam sebelum keberangkatan selama persediaan masih ada.
“Para pelanggan supaya memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tercetak di tiket, agar tidak tertinggal kereta api, di Stasiun keberangkatan,” pungkas Luqman Arif. (*/red)
Tags: Daop 8 surabaya, Libur Panjang Nasional, Pelanggan kereta api
Berita Terkait
Tinggalkan komentar
Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.