Libur Natal, Alun-alun Surabaya Ramai Pengunjung

Yovie Wicaksono - 25 December 2021
Situasi Alun-alun Surabaya pada Sabtu (25/12/2021). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Alun-alun Surabaya telah disulap menjadi destinasi baru bagi masyarakat yang ingin berlibur di dalam kota.

Terpantau di hari libur natal ini, Sabtu (25/12/2021), baik di halaman maupun mall basement ramai dikunjungi pengunjung dari segala usia.

Keamanan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Nasrur Rizqi mengatakan, salah satu tempat favorit disana adalah area basement yang sebelumnya dijadikan tempat pameran lukisan, gelaran budaya, dan arena skateboard. Namun karena memperhatikan risiko protokol kesehatan yang ada, pihaknya sementara meniadakan event-event tersebut.

“Basement sementara masih kosong, karena pengunjung banyak yang penasaran makanya dibuka,” ujarnya.

Animo masyarakat sendiri terlihat sangat tinggi. Hingga petang tadi, tercatat ada sekira 4.800 wisatawan yang terbagi menjadi beberapa sesi.

Dimana, jika data di PeduliLindungi telah mencapai 1100 orang, maka pengunjung lain diharuskan menunggu sampai ada kuota yang longgar. Kemudian, masyarakat diberikan waktu maksimal 1 jam di alun-alun, agar dapat bergantian dengan wisatawan lain.

“Ini melebihi, tapi aktivitas pengunjung kan keluar masuk jadi sistemnya ganjil genap agar mengurangi kerumunan,” ucapnya.

Disamping itu, terkait jam buka, lanjutnya, memang dilakukan penyesuaian. Dimana area mall basement dibuka untuk umum mulai 10.00-19.30 WIB, sedangkan pada halaman alun-alun pada jam 08.00-21.00 WIB.

“Ada perubahan jam masuk karena saat ini kondisi belum sepenuhnya normal, jadi ini masih tahap perkenalan kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu warga surabaya, Hasanuddin Arifin (38) yang berlibur kesana bersama keluarga mengaku sangat senang dengan keberadaan destinasi baru ini.

“Memilih kesini karena ini kan masih baru, dan kita ingin tahu. Setelah kesini ternyata  lumayan bagus kita bisa jalan-jalan di hari libur, cuma kurangnya itu tamannya kan di luar, di dalam ini gak ada sama sekali,” pungkasnya.

Sekadar informasi, wisata ini dapat dinikmati tanpa dipungut biaya, dan masyarakat diharuskan sudah vaksin dua kali, memakai masker, serta mencuci tangan sebelum masuk. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.