Layanan di TPS Bagi Pemilih dengan Disabilitas

Yovie Wicaksono - 14 February 2024
Pemilih difabel dibantu petugas TPS 36 di Perumahan Rungkut Mapan Barat, Surabaya, memasukkan surat suara. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Untuk memudahkan difabel memberikan suaranya, lima tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di satu lokasi di Perumahan Rungkut Mapan Barat (RMB), khususnya di wilayah Rukun Warga (RW) 08, Surabaya, menyediakan dua kursi roda.

“Kami sengaja memilih lokasi TPS di lapangan yang datar, berpaving, salah satunya agar mudah dijangkau oleh difabel. Untuk antisipasi apabila ada warga kami yang sakit ya kita berikan fasilitas kursi roda ini, karena ada juga yang difabel,” ujar Ketua RW 08, Harijanto, Rabu (14/2/2024).

Ia mengatakan, dari 5 TPS di wilayahnya dengan total sekira 1.400 Daftar Pemilih Tetap (DPT), ada sekira 3 hingga 5 warga difabel yang mencoblos di sana.

“Dan itu kami dahulukan, untuk pemilih difabel, lansia, serta yang membawa bayi, agar tidak menunggu terlalu lama,” katanya.

“Kami sudah terlatih dari pengalaman pemilu sebelumnya, memang tugas dari panitia salah satunya adalah membantu, menuntun, dan mengarahkan. Kita bantu para pemilih difabel maupun lansia. Sekalipun mereka sudah didampingi keluarganya. Bahkan tahun kemarin kita antar jemput mereka,” imbuh Harijanto.

Selain kursi roda, pihaknya juga menyiapkan tabung oksigen, tandu, hingga P3K sebagai antisipasi. Selain itu berkoordinasi dengan puskesmas setempat apabila ada situasi mendesak terkait kesehatan pemilih maupun panitia penyelenggara pemilu di sana.

Salah satu orang tua pemilih difabel, Tutik mengaku TPS tempat anaknya memberikan hak suara sudah cukup baik. Mengingat berada di tempat lapang yang mudah diakses kursi roda dan diberi kesempatan untuk lebih dulu mencoblos.

“Sudah baik aksesnya, antre juga tidak terlalu lama. Hanya saja letak kotak suaranya terlalu tinggi jadi anak saya tidak bisa memasukkannya sendiri, tapi tadi dibantu dengan petugas KPPS untuk memasukkan surat suaranya,” ujar Tutik.

Sebelumnya, KPU Kota Surabaya menyatakan menjamin daftar pemilih tetap (DPT) kategori disabilitas sebanyak 7.385 pemilih mendapat hak pilihnya saat pemilu 2024.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Surabaya Naafilah Astri Swarist menyebut DPT disabilitas sebesar 0,33 persen dari 2.218.586 pemilih untuk Pemilihan Umum 2024.

“Dari 7.385 itu terdiri dari enam kriteria, yakni disabilitas fisik, intelektual, mental, sensorik wicara, sensorik rungu, dan sensorik netra,” ucapnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.