Kepala BMKG Kembali Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem

Yovie Wicaksono - 30 March 2024
Ilustrasi. Foto : (AFP)

SR, Surabaya – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati kembali mengingatkan terjadinya potensi cuaca ekstrem.

Potensi cuaca ini dapat berujung terhadap peningkatan kejadian kebencanaan di sebagian besar daerah akibat intervensi tiga bibit siklon tropis sekaligus.

Sebanyak tiga bibit siklon tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia yang menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

Ia meminta para penyedia jasa angkutan transportasi darat, laut, dan udara untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang berlangsung selama arus mudik Lebaran.

“Kami mengimbau seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik,” katanya, Sabtu (30/4/2024).

Sementara itu, cuaca di Kota Surabaya diprakirakan akan cerah, dengan suhu udara berkisar 25-34 derajat celsius. Cuaca cerah ini akan berlangsung mulai pagi hingga malam hari nanti atau sekira 22.00 WIB. Untuk suhu diperkirakan mencapai 34 derajat di siang hari, dan 25 derajat di malam hari nanti. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.