Kemlu : 138 WNI di Ukraina dalam Kondisi Aman

Yovie Wicaksono - 15 February 2022
Ilustrasi. Foto : (istock)

SR, Jakarta – Konflik antara Rusia dan Ukraina memuncak dalam beberapa minggu terakhir. Namun berdasarkan pantauan KBRI Kyiv per hari ini, kondisi di Ukraina relatif masih kondusif. 

“Warga setempat terlihat tetap tenang, tidak ada panic buying atau rush mengambil uang di bank setempat,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha melalui keterangan resminya yang diterima Super Radio, Selasa (15/2/2022).

Judha mengatakan, berdasarkan pemantauan disana ada beberapa Perwakilan Asing di Ukraina mengimbau warganya yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk dapat kembali pulang. Namun hal tersebut masih sebatas imbauan. 

“Hingga hari ini tidak ada Perwakilan Asing yang secara aktif mengevakuasi warganya keluar Ukraina,” katanya.

Berdasarkan database KBRI Kyiv, saat ini terdapat 138 WNI yang berada di Ukraina. Angka ini turun dari angka sebelumnya 148 orang. 

“Sebagian WNI yang melakukan perjalanan sementara ke Ukraina telah pulang ke Indonesia,” tandasnya.

Ia pun menegaskan bahwa KBRI Kyiv terus menjalin komunikasi dengan para WNI, dan diketahui saat ini mereka dalam kondisi aman, sehat dan tetap tenang. 

KBRI juga mengimbau agar para WNI selalu waspada dan selalu memantau informasi resmi yang disampaikan otoritas setempat. Jika terdapat kondisi mendesak agar segera menghubungi hotline KBRI Kyiv (WA +380 503347917). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.