Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet, Puan : Itu Hak Prerogatif Presiden

Yovie Wicaksono - 15 June 2022

SR, Surabaya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Zulkifli Hasan ditunjuk untuk menggantikan Mendag sebelumnya, Muhammad Luthfi. Lalu Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Terkait hal tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan, reshuffle Kabinet Indonesia Maju merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Reshuffle ini kan hak prerogatif Presiden. Saya belum lihat TV, sepertinya sudah dilantik,” ujarnya usai menghadiri Kick off Meeting P20 di Surabaya, Rabu (15/6/2022).

Menurut Puan, Presiden bisa menentukan hingga melantik sewaktu-waktu jajaran kabinet yang dinilai mampu membantu menjalankan pemerintahannya bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

“Jadi ya hak prerogatif Presiden untuk menentukan, memilih, tentu saja melantik orang-orang yang dianggap memang bisa membantu dan mampu untuk bekerjasama dengan Presiden dalam menjalankan tugas-tugasnya,” tegas Puan. (fos/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.