Jelang Pembukaan Peparnas XVI Tahun 2021, Kemenko Polhukam Pantau Keamanan di Stadion Mandala

Yovie Wicaksono - 4 November 2021

SR, Jayapura – Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Irjen Pol. Armed Wijaya melakukan pemantauan persiapan pengamanan pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Stadion Mandala,  Jayapura, Kamis (4/11/2021).

Pembukaan Peparnas XVI yang rencananya dihadiri oleh Wakil Presiden KH. Ma’aruf Amin tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 5 November mendatang.

“Kedatangan kami ke sini untuk mengecek kesiapan seluruh personil baik dari pengamanan hingga pelaksanaan pembukaan Peparnas XVI yang rencananya akan dibuka oleh Bapak Wakil Presiden KH. Ma’aruf Amin pada Jumat mendatang,” ujar Armed Wijaya.

Didampingi oleh Sekretaris Deputi Bidkor Kamtibmas Brigjen Pol. Hadi Gunawan, Asisten Deputi Bidkor Penanganan Kejahatan Konvensional dan Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara Brigjen Pol. Asep Jenal, Asdep Kerjasama Pertahanan Brigjen TNI Suparjo, Kabid Penanganan Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara Kombes Pol. Adi Satya Perkasa, dan Kabid Kermahan Kol. Kartika,  Deputi Kamtibmas tersebut diberikan penjelasan oleh Ketua Event Organisasi Peparnas XVI Tania.

Armed beserta rombongan mengecek setiap venue yang ada di Stadion Mandala. Selain itu, memeriksa setiap pintu masuk yang menjadi potensi kerawanan pada saat acara pembukaan Peparnas.

“Diharapkan setiap hal yang terkait dengan pelaksanaan dapat selesai paling lama besok, karena masih banyak celah yang menjadi potensi kerawanan khususnya pintu masuk yang rawan disusupi masyarakat karena lokasinya dekat dengan rumah warga,” kata Armed.

Sebelumnya, Kedeputian Bidkor Kamtibmas juga telah melaksanakan Rapat Koordinasi yang membahas persiapan pengamanan pembukaan Peparnas. Dalam rapat tersebut hadir Karo Ops Polda Papua Kombes Pol. Tri Atmodjo Marawasianto yang menjelaskan mengenai jumlah personil keamanan yang akan dikerahkan pada acara pembukaan Peparnas XVI.

“Untuk kekuatan pelibatan aparat sebanyak 1.063 personil yang terdiri dari TNI 176 personil dan 887 personil dari Kepolisian,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.