Hoax Tiket Reduksi Terakhir 1 September 2019

Yovie Wicaksono - 29 August 2019
Suasana di stasiun wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan, informasi yang menyebutkan proses registrasi untuk lansia, TNI, Polri, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan wartawan agar mendapatkan reduksi tiket atau potongan sebesar 20 persen terakhir 1 September 2019  adalah tidak benar atau hoax.

“Registrasi tersebut tidak memiliki batas waktu, sehingga bagi masyarakat yang akan berangkat dalam waktu dekat tidak perlu tergesa-gesa melakukan registrasi di stasiun,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, Kamis (29/8/2019).

Registrasi juga dapat diwakili dengan membawa identitas asli dan pas foto berukuran 4×6.

Untuk area PT KAI Daop 8 Surabaya, registrasi dapat dilakukan di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Wonokromo, Malang, Bangil, Mojokerto, Sidoarjo, Bojonegoro. Untuk area lainnya registrasi hanya dapat dilakukan di Stasiun Keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh.

“Reduksi atau potongan diskon hanya bisa diproses untuk pembelian tiket yang dilakukan langsung pada loket stasiun kereta api Jarak Jauh,” imbuh Suprapto.

Suprapto menambahkan, reduksi atau potongan diskon belum dapat diproses untuk pembelian tiket secara online dan tidak berlaku untuk tiket KRL Commuter line, KA Komuter dan KA Lokal.

Sekedar informasi, pemberian reduksi ini sudah berlangsung sejak lama, hanya saja sebelum 1 September 2019 bagi lansia yang ingin mendapatkan reduksi pada tiket KA Jarak Jauh harus selalu melampirkan fotocopy identitas saat akan membeli tiket di loket.

“Melalui mekanisme registrasi setelah proses tersebut dilakukan, maka untuk lansia tidak perlu lagi selalu melampirkan fotocopy identitas setiap akan membeli tiket KA Jarak Jauh di loket,” tandas suprapto.

Adapun syarat registrasi adalah calon penumpang harus mendaftarkan kartu identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku. Untuk penumpang lanjut usia, minimal berusia 60 tahun saat tanggal keberangkatan akan mendapatkan reduksi 20 persen setiap harinya dan semua kelas kereta api.

Anggota LVRI mendapatkan reduksi 30 persen untuk hari Jumat-Senin, dan 50 persen pada Selasa-Kamis untuk semua kelas kereta api.

Anggota TNI atau Polri Aktif/Siswa Pendidikan TNI mendapatkan reduksi setiap hari, kelas Eksekutif 25 persen, sedangkan kelas Bisnis dan Ekonomi 50 persen. Serta Wartawan yang mendapatkan reduksi setiap hari untuk kelas Bisnis dan Ekonomi 20 persen. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.