Hari Lahir Pancasila, Polsek Puncu Ajak Anak Mewarnai Lambang Negara

Yovie Wicaksono - 2 June 2021
Polsek Puncu Kediri mengajak anak-anak di Desa Gadungan untuk menggambar dan mewarnai Garuda Pancasila. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Tanamkan jiwa nasionalisme sejak dini, Polsek Puncu Kediri mengajak anak-anak yang tinggal di lereng kaki Gunung Kelud, tepatnya di Desa Gadungan untuk menggambar dan mewarnai Garuda Pancasila. 

Adapun mereka yang terlibat dalam kegiatan ini berstatus pelajar taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

Tak hanya sekadar menggambar, mereka juga diajarkan bagaimana caranya membuat wayang kardus dengan tema baju adat. 

 

Giat menyapa anak yang digagas oleh Polsek Puncu tidak hanya sekali ini saja, sebelumnya kegiatan  serupa juga pernah dilakukan dengan tema berbeda dan selalu mendapat respon positif dari masyarakat. 

“Dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila, Polsek Puncu Polres Kediri, melaksanakan kegiatan menyapa anak di Desa Gadungan, Kecamatan Puncu. Mereka diajak menggambar dan mewarnai lambang negara Garuda Pancasila dan membuat wayang kardus dengan tema baju adat,” katanya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk jiwa nasionalis sejak usia dini, dan menumbuh kembangkan jiwa persatuan dan kesatuan seperti halnya yang ada di Pancasila,” imbuh AKP Bowo Wicaksono. 

Selain memupuk jiwa nasionalisme sejak dini, tujuan lainnya adalah untuk memperkenalkan kepada mereka terkait suku, agama dan bahasa yang berbeda beda, sehingga dengan begitu mereka dapat memahami Pancasila dan kandungan makna dari Bhineka Tunggal Ika.

“Meski berbeda, kita warga negara Indonesia dapat hidup rukun berdampingan,” ujar mantan Kasubag Humas polres Kediri ini.

Disamping pelaksanaan giat menyapa anak, Polsek Puncu juga turun ke jalan membagikan masker kepada warga sambil menggelar teatrikal Garuda Pancasila melawan Corona. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.