Gempa Susulan Tuban Terasa hingga Yogyakarta dan Palangkaraya

Yovie Wicaksono - 22 March 2024
Ilustrasi Gempa. Foto : (Istimewa)

SR, Tuban – Gempa berskala 6.5 Magnitudo kembali mengguncang Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024) sore. Melansir laman resmi Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG), pusat gempa tercatat di 130 kilometer timur laut Tuban dengan kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut.

Guncangan terkuat terjadi tiga kali sejak pukul 11.22-15.52 WIB, dan meluas hingga luar pulau Jawa, yakni Palangkaraya dan Balikpapan dengan intensitas III (dirasakan banyak orang namun tak menimbulkan kerusakan).

Sedangkan intensitas III-IV terasa di Blora, Madura, Surabaya, dan Kabupaten Banjar, dan paling kencang terdeteksi di pulau Bawean dengan intensitas V-VI MMI yang dirasakan hampir seluruh warga hingga menimbulkan kerusakan ringan.

“Gempa pertama 6 magnitude, lalu sempat menurun di 5,3 magnitude di jam 12.31 WIB, namun terjadi lagi pukul 15.52 WIB sekira 6,5 magnitude,” ujar BMKG dalam keterangan tertulis.

Meski guncangan cukup kencang dan terus berulang, berdasarkan hasil pemantauan sementara, gempa tidak menunjukan potensi tsunami. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.