FPRB Fasilitasi Penyusunan Road Map Rencana Penanggulangan Bencana Jatim 2022 

Yovie Wicaksono - 24 December 2021

SR, Surabaya – Rancangan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Jawa Timur (Jatim) menjadi pedomam yang penting untuk dirumuskan  dalam menangani potensi bencana kedepannya.

Oleh karena itu, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jatim melakukan kerja sama dan memfasilitasi kegiatan penyusunan tersebut dengan melibatkan pentahelix.

“Selama 2 hari FPRB Jatim diberi mandat Siap Siaga (SS) untuk memfasilitasi kegiatan Penyusunan Roadmap RPB Tahun 2022 yang akan didanai oleh BPBD,” ujar Sekjen Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jatim, Catur Sudarmanto usai mengikuti Lokakarya Penyusunan Peta Jalan Dokumen  Rencana Penanggulangan Bencana di Jawa Timur 2022-2026, Kamis (23/12/2021).

Pria yang akrab disapa Mbah Darmo itu mengatakan, dalam proses penyusunan RPB ini akan melibatkan unsur Pentahelix, termasuk kelompok termarjinalkan dan berkebutuhan khusus.

Kemudian, tahapan mulai dari persiapan hingga penetapan RPB rentang 2022-2026, akan mulai dilakukan Januari 2022 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2022. Serta menjadi hadiah di momen ulang tahun Republik Indonesia ke-77 mendatang.

RPB ini, lanjut Mbah Darmo, juga diharapkan dapat masuk dalam peraturan daerah (Perda) ataupun Peraturan Gubernur (Pergub).

Mbah Darmo berharap, nantinya dokumen RPB menjadi dokumen hidup dan pedoman dalam menyusun perencanaan di Jawa Timur.

“Dokumen RPB nantinya harus benar-benar menjadi dokumen milik bersama dan bisa menjadi kitab suci dalam menyusun perencanaan di Jawa Timur. Khususnya untuk pengurangan risiko bencana,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.