Eri Cahyadi : RHU akan Dibuka saat Surabaya Masuk Level 2

Yovie Wicaksono - 14 September 2021
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat Meninjau Vaksinasi di KBS, Senin (13/9/2021). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan terkait kapan tempat Rekreasi Hiburan Umum (RHU) akan kembali dibuka. Hal ini karena ia masih menunggu keputusan terbaru dari Instruksi Mendagri.

Seperti diketahui, berdasarkan Instruksi Mendagri nomor 39 dan 41 tahun 2021, tercatat 317 daerah masih berada di PPKM level 3, dan Surabaya menjadi salah satunya. 

“Sebenarnya RHU dibuka atau tidak itu tergantung dari levelnya Imendagri jadi kita di PPKM level 3 meskipun di assesment nya sudah level 2 Menteri Kesehatan. Disana sudah diatur kapan RHU dibuka, tatanannya jumlah nya berapa,” kata Eri Cahyadi, Senin (13/9/2021).

Kendati demikian, ia menuturkan, dengan percepatan vaksinasi yang terus digenjot, baik melalui gerai-gerai maupun mobil vaksin dari Polrestabes, hal ini dapat menurunkan level PPKM di Kota Pahlawan menjadi level 2.

“Percepatan sudah semakin cepat dilakukan, karena sekarang kita sudah 98 persen dosis pertama, dosis kedua sudah 65 persen, tinggal kita genjot sampai 100 persen, karena target kita harus 200 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, ketika Surabaya telah berada di Level 2 maka pihaknya akan menyiapkan untuk pembukaan kembali RHU.

“Insya Allah kalau level 2 moga-moga kalau kita masuk level 2, sudah dibuka, ya ditata jangan sampai dibuka RHU lalu euforia dan lupa pakai masker, persiapan pembukaannya sudah kita siapkan,” ujarnya.

“Jadi kami berharap warga Surabaya, Gresik, Sidoarjo, sehingga aglomerasi ini bisa tercapai maka Surabaya Raya bisa menjadi level 1 untuk zona hijau,” lanjutnya.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada segenap warga Surabaya yang telah berjuang bersama menghadapi pandemi ini sehingga Surabaya bisa mencapai zona kuning.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga semuanya alhamdulillah Surabaya mulai minggu kemarin sudah masuk level 2 hasil assessment Menteri Kesehatan dan masuk zona kuning,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.