DPRD Kota Kediri Desak Pemkot Segera Lakukan Upaya Penanganan Corona

Yovie Wicaksono - 15 March 2020
Ketua DPRD Kota Kediri Agus Sunoto saat memberikan keterangan resmi kepada media, Minggu (15/3/2020). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ketua DPRD Kota Kediri Agus Sunoto mendesak Pemerintah Kota Kediri untuk segera mengambil langkah upaya penanganan virus Corona secara nyata.

Politisi asal PDI Perjuangan  ini mengatakan, ada sejumlah point rekomendasi atau masukan yang dikeluarkan oleh kalangan dewan agar setidaknya nanti bisa dijadikan pertimbangan, antara lain meminta pihak Pemerintah Kota Kediri secepatnya melakukan sosialisasi terkait virus Corona kepada seluruh OPD, Camat, Lurah dan elemen masyarakat.

“Kepada Pemerintahan Kota Kediri untuk segera mengambil langkah-langkah dalam rangka menghadapi wabah Corona yang saat ini sudah berkembang. Antara lain melakukan sosialisasi terkait wabah Corona kepada OPD, camat, lurah dan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya, Minggu (15/3/2020).

Selain itu, pihaknya juga menilai pentingnya edukasi terkait langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus melalui cuci tangan dengan air bersih dan sabun selama 20 detik.

Pria yang akrab disapa Gus Sunoto ini  mengimbau agar masyarakat tidak berjabat tangan dan sebisa mungkin menghindari keramaian tempat berkumpulnya massa.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat agar tetap tenang tidak panik ataupun mudah terpancing dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat.

“Bagaimanapun kita harus siap menghadapi musibah ini, bahwa ini ada tapi jangan ditanggapi dengan sikap panik, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini harus diambil langkah antisipasi agar apa yang terjadi didaerah lain tidak masuk ke Kota Kediri,” ujarnya.

Gus Sunoto menilai, Dinas Kesehatan Kota Kediri sebenarnya sudah melakukan upaya antisipasi terkait hal ini. Dirinya juga telah mendapatkan laporan terkait hal tersebut dari Komisi C DPRD Kota Kediri.

Bahkan, rencananya, Senin (16/3/2020), dewan akan diundang oleh Wali Kota Kediri di kantor Balai Kota untuk menggelar rapat membahas perihal penanggulangan virus Corona.

Menurutnya, langkah yang harus diambil adalah bagaimana mengantisipasi agar virus ini tidak sampai masuk dan menyebar di wilayah Kota Kediri.

“Sekarang ini yang perlu kita lakukan adalah upaya antisipasi, jika terlalu tegang seperti itu, betapa lumpuhnya perekonomian dan Kota Kediri. Kita tidak menginginkan demikian, artinya virus corona memang ada dan harus dilakukan antisipasi tetapi tidak harus kesannya meresahkan,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.